Harfias, Tuti (2021) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KELAS V SEMESTER GANJIL DI SD NEGERI 03 SEBUNGKANG KECAMATAN KELAM PERMAI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_1708061353_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061353_COVER.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBI_1708061353_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061353_BAB 1.pdf
Download (220kB)
![[thumbnail of PBI_1708061353_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061353_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (388kB)
![[thumbnail of PBI_1708061353_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061353_BAB 3.pdf
Download (257kB)
![[thumbnail of PBI_1708061353_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061353_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (290kB)
![[thumbnail of PBI_1708061353_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061353_BAB 5.pdf
Download (92kB)
![[thumbnail of PBI_1708061353_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1708061353_LAMPIRAN.pdf
Download (9MB)
Abstract
Harfias, Tuti. 2021. Problematika Pembelajaran Tematik Pada Kelas V Semester Ganjil di SD Negeri 03 Sebungkang Kecamatan Kelam Permai Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Guru Sekolah Dasar, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing pertama I: Imanuel Sairo Awang S.Si, M.Pd. Pembimbing kedua II: Dr.
Adriana Gandasari M.Pd. Kata Kunci: Problematika, Pembelajaran Tematik Masalah dalam penelitian ini adalah problematika pembelajaran tematik pada kelas V Semester Ganjil di SD Negeri 03 Sebungkang Kecamatan Kelam Permai tahun pembelajaran 2021/2022. Fokus dari penelitian ini yaitu problematika pembelajaran
tematik pada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran pada kelas V Semester Ganjil di SD Negeri 03 Sebungkang Kacamatan Kelam Permai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika yang
dihadapi guru mengenai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran tematik sedangkan untuk peserta didik pada pelasanaan pembelajaran tematik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriftif, dengan bentuk
penelitian studi kasus, alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara dan dokumentasi. lokasi penelitian di SD Negeri 03 Sebungkang Kecematan Kelam Permai,. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa Problematika yang dialami oleh guru pada perencanaan pembelajaran, guru kurang memahami dan kurang menguasai kurikulum sehingga penyusunan silabus dan pembuatan RPP dibantu orang lain, dan menyalin dari internet tidak dianalisis kembali, pembuatan RPP kurang padu antara silabus dan buku tematik. Pada pelaksanaan pembelajaran guru tidak membawa RPP yang menjadi panduan dalam kegiata pembelajaran ke dalam kelas, kurang mengelola kelas dengan baik, kurang melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran, kurang mengatur waktu dengan baik, metode
pembelajaran kurang bervariasi, pendekatan saintifik kurang diterapkan, media dan alat pendukung kurang memadai. Adapun problematika yang dialami peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan, sibuk sendiri, malu untuk bertanya dan
menyampaikan pendapat, kurang aktif dalam diskusi kelompok. Evalusi pembelajaran tematik kesulitan yang dihadapi guru yaitu dalam memilah soal yang tercakup dalam satu tema dari beberapa mata pelajaran, menilai peserta didik apa bila kurang mengerti dengan materi yang dijelaskan, tidak memberikan tugas kelompok seperti praktek kepada peserta didik karena keterbatasan serana dan prsarana yang menunjang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 21 Oct 2025 07:03 |
Last Modified: | 21 Oct 2025 07:03 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2113 |