ANALISIS KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN 2 KEBERAK KECAMATAN BELIMBING HULU KABUPATEN MELAWI TAHUN AJARAN 2021/2022

Fransiskus, Ajay (2022) ANALISIS KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN 2 KEBERAK KECAMATAN BELIMBING HULU KABUPATEN MELAWI TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1809061574_COVER.pdf] Text
PBI_1809061574_COVER.pdf

Download (883kB)
[thumbnail of PBI_1809061574_BAB 1.pdf] Text
PBI_1809061574_BAB 1.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of PBI_1809061574_BAB 2.pdf] Text
PBI_1809061574_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[thumbnail of PBI_1809061574_BAB 3.pdf] Text
PBI_1809061574_BAB 3.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of PBI_1809061574_BAB 4.pdf] Text
PBI_1809061574_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[thumbnail of PBI_1809061574_BAB 5.pdf] Text
PBI_1809061574_BAB 5.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of PBI_1809061574_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1809061574_LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fransiskus Ajay. 2022, Analisis Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas V SDN 2 Keberak Kecamatan Belimbing Hulu Kabupaten Melawi Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Agusta Kurniati, M.Pd., Pembimbing II: Sirilus Sirhi, S.TP., M.M. Kata Kunci: Analisis, Keaktifan, Pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan siswa pada
pembelajaran tematik kelas V SDN 2 Keberak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi siswa yang kurang aktif pada pembelajaran. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman melalui
pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa siswa yang kurang aktif dan tidak bisa berkonsentrasi penuh pada saat pembelajaran berlangsung. Faktor yang mempengaruhi keaktifan siswa, adalah latar belakang siswa, latar belakang orang tua, kesehatan siswa, dan belum lancar dalam membaca. Upaya guru mengatasi faktor tersebut,yaitu dengan selalu melakukan evaluasi, melihat kekurangan siswa dalam belajar, kemudian berusaha menghindari memberi pertanyaan atau tugas yang terlalu sulit, mengajak siswa selalu berperan aktif, dan memberikan umpan balik kepada siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kekatifan siswa kelas V SDN 2 Keberak masih dikatakan baik terdapat dua sampai empat siswa yang masih kurang aktif dalam belajar, secara keseluruhan siswa yang aktif lebih mendominasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:03
Last Modified: 21 Oct 2025 07:03
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/2109

Actions (login required)

View Item
View Item