Mayati, Putri (2025) PENGARUH METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SDN 20 MAMBOK SINTANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PGSD_2011061798_Tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061798_Tittle.pdf
Download (574kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061798_Chapter 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061798_Chapter 1.pdf
Download (79kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061798_Chapter 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061798_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (103kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061798_Chapter 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061798_Chapter 3.pdf
Download (176kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061798_Chapter 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061798_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (103kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061798_Chapter 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061798_Chapter 5.pdf
Download (33kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061798_Chapter Appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061798_Chapter Appendix.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of PGSD_2011061798_BAS_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061798_BAS_TA.pdf
Download (266kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061798_BAU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061798_BAU_TA.pdf
Download (264kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061798_SKS_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061798_SKS_TA.pdf
Download (375kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061798_SKU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061798_SKU_TA.pdf
Download (404kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061798_US_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061798_US_TA.pdf
Download (188kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061798_UU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061798_UU_TA.pdf
Download (182kB)
Abstract
Mayati Putri. 2024. Pengaruh Metode Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Big Book Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V SDN 20 Mambok Sintang Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Eliana Yunitha Seran,
M.Pd. Pembimbing II: Avelius Dominggus Sore,S.E., M.Pd.
Kata Kunci: Metode Student Teams Achievement Division (STAD),
Kemampuan Berpikir Kritis, Berbantuan media Big Book
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketika guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya, siswa tidak menggunakan kesempatan itu untuk bertanya. Siswa belum mampu menjelaskan atau berpendapat sesuai dengan materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media Big Book terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas V SDN 20 Mambok Sintang Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini
menggunakan metode Kuantitatif Eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa V A berjumlah 25 orang siswa sebagai kelompok Eksperimen dan V C berjumlah 25 orang siswa sebagai kelompok Kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok Eksperimen dikelas VA memperoleh peningkatan sebesar 24. Pada kelompok Kontrol dikelas VC memperoleh peningkatan sebesar 15,2. Hasil uji hipotesis untuk Pretest Eksperimen dan Kontrol menunjukkan 0,421 > 0,05 yang artinya tidak ada perbedaan yang signifikan pada pengukuran awal. Hasil uji hipotesis untuk Posttest Eksperimen dan Kontrol menunjukkan 0,015 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada pengukuran akhir. Hasil uji hipotesis untuk Pretest dan Posttest kelas Eksperimen menunjukkan 0,001 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok Eksperimen. Hasil uji hipotesis untuk Pretest dan Posttest kelas Kontrol menunjukkan 0,001 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kelompok Kontrol. Kesimpulan metode Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media Big Book dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi siswa, guru, sekolah dan peneliti lain serta dapat mengimplementasikan metode Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media Big Book untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Mayati Putri |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 03:57 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 03:57 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1899 |