ANALISIS PERAN GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK NUSANTARA INDAH SINTANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Julita, Julita (2024) ANALISIS PERAN GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK NUSANTARA INDAH SINTANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_190209017_COVER.pdf] Text
PBI_190209017_COVER.pdf

Download (588kB)
[thumbnail of PBI_190209017_BAB 1.pdf] Text
PBI_190209017_BAB 1.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of PBI_190209017_BAB 2.pdf] Text
PBI_190209017_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[thumbnail of PBI_190209017_BAB 3.pdf] Text
PBI_190209017_BAB 3.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of PBI_190209017_BAB 4.pdf] Text
PBI_190209017_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[thumbnail of PBI_190209017_BAB 5.pdf] Text
PBI_190209017_BAB 5.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of PBI_190209017_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_190209017_LAMPIRAN.pdf

Download (479kB)

Abstract

Julita. 2023, Analisis Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Nusantara Indah Sintang Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Komputer STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Fatkhan Amirul Huda, S. Kom., M. Pd., Pembimbing II: Anyan, S. Kom., M. Kom. Kata Kunci: Analisis, peran guru, motivasi belajar siswa Latar belakang penelitian ini adalah peran guru sangat penting dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung, karena dengan adanya peran guru dalam memotivasi belajar, siswa memiliki semangat dan motivasi untuk belajar. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis peran guru mata pelajaran ITE Essentials dalam memotivasi siswa kelas X SMK Nusantara Indah Sintang tahun 2023/2024. Penlitian ini bertujuan mendeskripsikan peran guru dalam memotivasi belajar siswa di kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Nusantara Indah Sintang Tahun Pelajaran 2023/2024. Pendekatan penelitian kualitatif. Metode dan bentuk yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu: (1) Peran guru sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, evaluator, motivator. (2) Upaya guru dalam memberi motivasi adalah memberi angka, hadiah, saingan, ego- involvement. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan peran guru dalam memotivasi belajar siswa yaitu guru sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, evaluator, dan motivator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:56
Last Modified: 11 Sep 2025 03:56
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1895

Actions (login required)

View Item
View Item