PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI KELAS X SMKN 1 SUNGAI TEBELIAN

Rani, Magdalena (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI KELAS X SMKN 1 SUNGAI TEBELIAN. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_200309066_COVER.pdf] Text
PBI_200309066_COVER.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of PBI_200309066_BAB 1.pdf] Text
PBI_200309066_BAB 1.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of PBI_200309066_BAB 2.pdf] Text
PBI_200309066_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[thumbnail of PBI_200309066_BAB 3.pdf] Text
PBI_200309066_BAB 3.pdf

Download (547kB)
[thumbnail of PBI_200309066_BAB 4.pdf] Text
PBI_200309066_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[thumbnail of PBI_200309066_BAB 5.pdf] Text
PBI_200309066_BAB 5.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of PBI_200309066_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_200309066_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rani Magdalena. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis
Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Informatika di kelas X
SMK Negeri 1 Sungai Tebelian. Skripsi, Program Studi Pendidikan Komputer
STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing 1: Anyan, M.Kom.
Pembimbing Ke 2: Muhammad Rifai, M.Kom Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Untuk meningkatkan, Minat Belajar. Latar belakang penelitian ini adalah proses penggunaan media pembelajaran interaktif yang masih kurang kreatif sehingga siswa sulit menerima materi pembelajaran, yang mengakibatkan redahnya minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran Interaktif tersebut dalam menigkatkan minat belajar siswa, dengan fokus pada aspek partisipasi aktif dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analisis, design, develompment, implementasi, evaluasi) dengan prosedura: tahap analisis, tahap desain, tahap Development (Pengembangan), tahap implementasi dan tahap evaluasi. Alat pengumpulan data berupa soal tes, angket, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil validasi ahli media mendapatkan hasil 82% dengan kategori sangat layak, dan penilaian dari ahli materi 100% dengan kategori sangat layak. dan hasil pre-test 60,5% menunjukan pemahaman yang baik terhadap materi. Hasil minat belajar siswa meningkat secara signifikan dapat dilihat dari hasil pretest pada uji coba skala kecil rata-rata 60,5% mengindikasi kebutuhan untuk meningkatkan pemahaman siswa secara keseluruhan, dan posttest 85,5% dengan kategori sangat baik , dan uji coba skala luas mendapatkan hasil rata-rata pretest 67,2% mengindikasi kebutuhan untuk meningkatkan pemahaman siswa secara keseluruhan,dan hasil posttest 88.67% dengan kategori sangat baik. efektivitas media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan minat belajar siswa mendapatkan nilai perhitungan effect size yaitu 1,30 dengan kategori “Sangat Tinggi” Implikasi penelitian ini dapat mendorong pengembangan kebijakan pendidikan yang mendukung integrasi teknologi dalam pembelajaran di sekolah menengah. Dengan mempertimbangkan hasil positif dari penggunaan media interaktif, kebijakan pendidikan dapat mempromosikan pengembangan kompetensi digital siswa serta meningkatkan aksesibilitas terhadap teknologi dalam proses pembelajaran.Harapannya dengan adanya penelitian pengembangan media pembelajaran ini mampu membantu meningkatkan minat belajar siswa dalam proses pembembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:54
Last Modified: 11 Sep 2025 03:54
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1887

Actions (login required)

View Item
View Item