PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI KELAS X UMUM SMKS KARTINI SINTANG MPUL

Paulina, Jayanti (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA DI KELAS X UMUM SMKS KARTINI SINTANG MPUL. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_210409129_COVER.pdf] Text
PBI_210409129_COVER.pdf

Download (599kB)
[thumbnail of PBI_210409129_BAB 1.pdf] Text
PBI_210409129_BAB 1.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of PBI_210409129_BAB 2.pdf] Text
PBI_210409129_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[thumbnail of PBI_210409129_BAB 3.pdf] Text
PBI_210409129_BAB 3.pdf

Download (562kB)
[thumbnail of PBI_210409129_BAB 4.pdf] Text
PBI_210409129_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)
[thumbnail of PBI_210409129_BAB 5.pdf] Text
PBI_210409129_BAB 5.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of PBI_210409129_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_210409129_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Paulina Jayanti. 2025, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Informatika di kelas X Umum SMKS Kartini Sintang. Skripsi, Prodi Pendidikan Komputer STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I : Fakhan Amirul Huda, S.Kom.,M.Pd., Pembimbing II. Anyan, M.Kom. Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline 3, Informatika, ADDIE. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 pada mata pelajaran Informatika untuk siswa kelas X Umum di SMKS Kartini Sintang. Latar belakang penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Informatika masih didominasi metode konvensional, mengakibatkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang abstrak dan kompleks. Metode penelitian menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen pengumpulan data soal tes,angket, dokumentasi. Teknik analisis data yaitu, validitas soal tes, analisis angket keterbacaan produk, uji normalitas, dan uji homogenitas. Tahap analisis mengidentifikasi kebutuhan akan media yang menarik, interaktif, dan mudah diakses melalui perangkat Android. Media ini dirancang dengan fitur kuis, video, animasi, dan navigasi yang sederhana. Hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan, dengan skor rata-rata 96,43% dan 89,59% secara berturut-turut. uji coba pada siswa (skala kecil dan luas) juga menunjukkan respons yang sangat positif, dengan rata-rata kelayakan 85,77% dan 92,82%, yang mengindikasikan media ini sangat layak. Peningkatan signifikan pada nilai posttest (rata-rata 74,81) dibandingkan pretest (rata-rata 37,5) membuktikan efektivitas media dalam meningkatkan pemahaman siswa. Secara keseluruhan, media pembelajaran interaktif ini terbukti efektif dan layak untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa dalam mata pelajaran Informatika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Paulina Jayanti
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:46
Last Modified: 11 Sep 2025 03:46
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1875

Actions (login required)

View Item
View Item