PENGEMBANGAN BUKU CERITA TEMA BINATANG TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NEGERI 1 KAYAN HILIR TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Lidya Farinda Hosana, Anugerahi (2025) PENGEMBANGAN BUKU CERITA TEMA BINATANG TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK NEGERI 1 KAYAN HILIR TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_210508157_COVER.pdf] Text
PBI_210508157_COVER.pdf

Download (483kB)
[thumbnail of PBI_210508157_BAB 1.pdf] Text
PBI_210508157_BAB 1.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of PBI_210508157_BAB 2.pdf] Text
PBI_210508157_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[thumbnail of PBI_210508157_BAB 3.pdf] Text
PBI_210508157_BAB 3.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of PBI_210508157_BAB 4.pdf] Text
PBI_210508157_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[thumbnail of PBI_210508157_BAB 5.pdf] Text
PBI_210508157_BAB 5.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of PBI_210508157_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_210508157_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Lidya Farinda Hosana Anugerahi, 210508157, 2025, Pengembangan Buku Cerita Tema Binatang Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Negeri 1 Kayan Hilir Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Pembimbing I: Suryameng, M.Pd., Pembimbing II: Yohanes Berkhmas Mulyadi, S.Fil.,M.Psi. Kata kunci: pengembangan, buku cerita, tema binatang, Anak usia dini, perkembangan bahasa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penggunaan buku cerita bergambar yang relevan dan sesuai dengan karakteristik anak usia dini, khususnya dalam mendukung perkembangan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses pengembangan buku cerita tema binatang terhadap perkembangan bahasa anak usia 4–5 tahun di TK Negeri 1 Kayan Hilir; (2) mengetahui kelayakan buku cerita yang dikembangkan; dan (3) mengetahui respon peserta didik terhadap buku cerita tersebut. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE, yang terdiri dari tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek ini adalah 20 anak usia 4–5 tahun di TK Negeri 1 Kayan Hilir, serta melibatkan dua validator, yaitu ahli materi dan ahli media. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa produk berupa buku cerita “Cerita Tema Binatang untuk Anak”, terdiri atas empat cerita bergambar dengan bahasa sederhana dan ilustrasi menarik, dinyatakan sangat layak berdasarkan validasi ahli. Ahli materi memberikan skor sebesar 97,25% dan ahli media 95%. Hasil uji coba menunjukkan peningkatan kemampuan bahasa anak, dari skor rata-rata pretest sebesar 54 meningkat menjadi 88 pada posttest, naik 34 poin. Respon peserta didik juga sangat positif, dengan persentase 94,25% yang menyatakan buku tersebut menarik, mudah dipahami, dan menyenangkan. Dapat disimpulkan bahwa buku cerita bergambar tema binatang yang dikembangkan layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk mendukung perkembangan bahasa anak usia dini. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik anak pengembang media dalam menciptakan bahan ajar yang inovatif dan kontekstual sesuai dengan kebutuhan anak usia dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Lydia Farinda Hosana
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:15
Last Modified: 11 Sep 2025 02:15
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1859

Actions (login required)

View Item
View Item