HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KAYAN HILIR

Marselina, Senli (2024) HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KAYAN HILIR. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_200310035_COVER.pdf] Text
PBI_200310035_COVER.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of PBI_200310035_BAB 1.pdf] Text
PBI_200310035_BAB 1.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of PBI_200310035_BAB 2.pdf] Text
PBI_200310035_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[thumbnail of PBI_200310035_BAB 3.pdf] Text
PBI_200310035_BAB 3.pdf

Download (594kB)
[thumbnail of PBI_200310035_BAB 4.pdf] Text
PBI_200310035_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[thumbnail of PBI_200310035_BAB 5.pdf] Text
PBI_200310035_BAB 5.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of PBI_200310035_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_200310035_LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Marselina Senli, 2024, Hubungan Antara Gaya Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kayan Hilir. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Pembimbing I: Nurapni Sopia, M.Pd, Pembimbing II: Olenggius Jiran Dores, M.Pd. Kata Kunci: Gaya Belajar; Kemandirian Belajar; Hasil Belajar Gaya belajar dan kemandirian belajar siswa merupakan peran penting dalam proses pembelajaran untuk mencapai suatu hasil belajar. Penelitian ini muncul dari permasalahan yaitu rendahnya gaya belajar dan kemandirian belajar siswa yang mengakibatkan hasil belajarnya juga rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan bentuk korelasi. Dari hasil penelitian diketahui hubungan gaya belajar dengan hasil belajar mendapatkan nilai signifikansi 0,033 dengan nilai korelasinya 0,704 sehingga interpretasinya yaitu kuat. Untuk hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar mendapatkan nilai signifikansi 0,027 dengan nilai korelasinya 0,756 maka tafsiran korelasi kuat. Selanjutnya hubungan antara gaya belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar nilai signifikansinya 0,000 0,05 dengan nilai R sama dengan 0,579 sehingga interpretasi korelasinya yaitu sedang. Berdasarkan dari nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat di simpulkan untuk hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa; terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa; dan terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dan kemandirian belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa. Dengan demikian, guru di harapkan dapat menyesuaikan gaya belajar dan kemandirian belajar siswa supaya hasil belajar matematika siswa juga akan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 23 Aug 2025 01:39
Last Modified: 23 Aug 2025 01:39
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1835

Actions (login required)

View Item
View Item