STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI KELAS A PAUD SANTO ANTONIUS PADUA SINTANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Rosalia, Rosalia (2024) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI KELAS A PAUD SANTO ANTONIUS PADUA SINTANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_200408129_COVER.pdf] Text
PBI_200408129_COVER.pdf

Download (692kB)
[thumbnail of PBI_200408129_BAB 1.pdf] Text
PBI_200408129_BAB 1.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of PBI_200408129_BAB 2.pdf] Text
PBI_200408129_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[thumbnail of PBI_200408129_BAB 3.pdf] Text
PBI_200408129_BAB 3.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of PBI_200408129_BAB 4.pdf] Text
PBI_200408129_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[thumbnail of PBI_200408129_BAB 5.pdf] Text
PBI_200408129_BAB 5.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of PBI_200408129_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_200408129_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rosalia , 2024. Strategi Guru Dalam Mengembangkan Ekstrakurikuler Seni Tari Di Kelas A PAUD Santo Antonius Padua Sintang Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I : Fransiska, S.Psi.,M.Pd, pembimbing II : Sudarto, M.Pd Kata Kunci : Strategi Guru, Ekstrakurikuler, Seni Tari, Taman Kanak-Kanak Salah satu aspek perkembangan yang terdapat pada anak adalah aspek seni dan aspek seni ini perlu dikembangkan melalui kegiatan ektrakurikuler tari karena melalui kegiatan seni tari anak dapat mengenal budaya di sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) strategi guru dalam mengembangkan ekstrakurikuler seni tari, 2) manfaat ekstrakurikuler seni tari, 3) kendala yang dihadapai guru dalam mengembangkan ekstrakurikuler seni tari. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 7 orang yang terdiri dari 1 guru seni tari dan 6 orang siswa seni tari kelas A. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan interactive model dari Milles dan Huberman yg terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) strategi guru dalam mengembangkan ekstrakurikuler seni tari adalah guru memberikan hadiah berupa pujian seperti hebat, bagus, pintar, kepada anak yang dapat mengikuti gerakan sesuai dengan yang diajarkan guru di depan, menciptakan gerakan yang menarik dan menyenangkan dengan memberi kesempatan kepada anak untuk meniru gerakan pesawat terbang untuk menginspirasi gerakan, 2) manfaat ekstrakurikuler seni tari adalah mengembangkan aspek kesehatan melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk kelenturan badan, kemampuan motorik kasar dan kesehatan badan, aspek estetika yaitu melakukan gerakan tari dengan gerak tubuh yang indah dan ekspresi wajah yang mendalami tarian, 3) kendala strategi guru dalam mengembangkan ekstrakurikuler seni tari ini adalah anak kurang percaya diri saat mengekspresikan diri melalui gerakan tari. Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan maka guru harus menggunakan strategi yang menarik dalam melatih ekstrakurikuler tari pada anak sehingga anak-anak dapat menangkap gerakan tari dengan mudah dan cepat sehingga dapat menimbulkan rasa percaya diri pada anak. Harapan dari penelitian kedepannya penelitian ini bermanfaat bagi siswa, bagi guru, bagi nsekolah, dan penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:06
Last Modified: 11 Sep 2025 02:06
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1828

Actions (login required)

View Item
View Item