PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA–TEKI SILANG MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS II SD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR

Auryna Dwi Windy, Setia Budi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA–TEKI SILANG MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS II SD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_2011061752_COVER.pdf] Text
PBI_2011061752_COVER.pdf

Download (545kB)
[thumbnail of PBI_2011061752_BAB 1.pdf] Text
PBI_2011061752_BAB 1.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of PBI_2011061752_BAB 2.pdf] Text
PBI_2011061752_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[thumbnail of PBI_2011061752_BAB 3.pdf] Text
PBI_2011061752_BAB 3.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of PBI_2011061752_BAB 4.pdf] Text
PBI_2011061752_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[thumbnail of PBI_2011061752_BAB 5.pdf] Text
PBI_2011061752_BAB 5.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of PBI_2011061752_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_2011061752_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Budi, Auryna Dwi Windy Setia. 2024. Pengembangan media pembelajran tekateki silang matematika materi perkalian dan pembagian kelas II SD untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan hasil belaja. Skripsi. Sintang: Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan: Ilmu Pendidikan. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Dosen Pembimbing I: Dr.Adriana Gandasari,M.Pd., Dosen pembinmbing II: Dwi Cahyadi Wibowo,M.Pd.Kata Kunci: Pengembangan Media, Teka-teki Silang Matematikia (TTS), Model 4-D Penelitian dan pengembangan dilakukan di SD Negeri 11 Sandung.Tujuan umum dari penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran teka-teki silang matematika menggunakan model 4-D. Tujuan khusus dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk melihat pengembangan media, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pada media pembelajaran teka – teki silang matematika materi perkalian dan pembagian kelas II SD untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Pada metode penelitian dan pengembangan terdapat beberapa jenis model. Model yang digunakan adalah pengembangan model 4-D. Model pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Sementara instrumen pengumpulan data lembar validasi ahli, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Lembar validasi ahli digunakan untuk validasi materi dan media oleh para ahli. Selanjutnya wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi apa yang sesuai dengan kebutuhan siswa di dalam kelas. angket digunakan untuk mengukur respon dan tingkat kepraktisan media. Sementara tes dilakukan untuk melihat keefektifan media yang dikembangkan. Berikutnya dokumentasi berupa foto kegiatan penelitian. Hasil dari penelitian ini berupa data validasi ahli media yang mendapatkan persentase 88,46% dan validasi materi mendapatkan 91,6% keduanya mendapatkan kategori valid atau praktis. Sementara nilai uji coba lapangan dihitung menggunakan excel dan mendapatkan skor N-Gain kelompok kecil 0,72 dan hasil postest dan pretest mendapatkan nilai 74% dengan kategori tinggi atau cukup efektif, sedangkan untuk kelompok besar mendapatkan skor NGain 0,79 dan hasil postest dan pretest mendapatkan nilai 82% dengan kategori tinggi dan sangat efektif. Berdasarkan hasil dari penelitian pengembangan ini ditemukan bahwa media pembelajaran teka-teki silang matematika materi perkalian dan pembagian kelas II ini layak praktis dan cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 11 Sep 2025 02:06
Last Modified: 11 Sep 2025 02:06
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1823

Actions (login required)

View Item
View Item