Fernando Aldi, Prasetya (2024) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN NO 28 TUGUK. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_1809061572_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061572_COVER.pdf
Download (732kB)
![[thumbnail of PBI_1809061572_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061572_BAB 1.pdf
Download (88kB)
![[thumbnail of PBI_1809061572_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061572_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (121kB)
![[thumbnail of PBI_1809061572_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061572_BAB 3.pdf
Download (168kB)
![[thumbnail of PBI_1809061572_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061572_BAB 3.pdf
Download (168kB)
![[thumbnail of PBI_1809061572_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061572_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (142kB)
![[thumbnail of PBI_1809061572_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061572_LAMPIRAN.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of PBI_1809061572_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061572_BAB 5.pdf
Download (12kB)
![[thumbnail of PBI_1809061572_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1809061572_LAMPIRAN.pdf
Download (6MB)
Abstract
Fernando Aldi Prasetya. 2024. Pengaruh Disiplin Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN NO 28 Tuguk. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Pembimbing I: Imanuel Sairo Awang, S.Si, M.Pd., Pembimbing II: Nelly Wedyawati, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : disiplin, motivasi, prestasi belajar Salah satu permasalahan mutu pendidikan di Indonesia adalah rendahnya mutu proses pembelajaran seperti disiplin dan motivasi belajar sehingga prestasi siswa tergolong rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menginvestigasi pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SDN NO 28 Tuguk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 25 siswa, yang terdiri dari 10 siswi perempuan dan 15 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket atau kuesioner. Disiplin belajar dan motivasi belajar secara signifikan mempengaruhi prestasi belajar siswa kelas IV di SDN NO 28 Tuguk. Siswa yang memiliki disiplin belajar yang baik dan motivasi belajar yang tinggi cenderung mencapai prestasi akademik yang lebih tinggi. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi untuk variabel disiplin belajar sebesar 0.200, variabel motivasi belajar sebesar 0.098, dan variabel prestasi belajar sebesar 0.081, yang semuanya lebih besar dari 0.05. Uji linearitas mengungkapkan bahwa hubungan antara disiplin belajar dan prestasi belajar serta antara motivasi belajar dan prestasi belajar adalah linear, dengan nilai signifikansi masing-masing sebesar 0.219 dan 0.213. Berdasarkan uji hipotesis, baik disiplin belajar maupun motivasi belajar secara individu memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa, dibuktikan oleh nilai signifikansi uji t sebesar 0.002 untuk disiplin belajar dan 0.000 untuk motivasi belajar. Secara simultan, kedua variabel ini juga menunjukkan pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai signifikansi uji F sebesar 0.000 dan nilai F sebesar 3.114. Hasil dan kesimpulan penelitian ini mengindikasikan bahwa disiplin belajar dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasi akademik siswa. Siswa yang memiliki disiplin belajar yang baik dan motivasi belajar yang tinggi cenderung menunjukkan prestasi akademik yang lebih tinggi. Penelitian ini menegaskan pentingnya kedua faktor tersebut dalam mendukung pencapaian hasil belajar yang optimal. Sehingga diharapkan bagi sekolah dan para guru untuk melihat kembali faktor-faktor yang mempengaruhi disiplin belajar yang berpengaruh pada motivasi siswa, dan untuk peneliti selanjutnya semoga penelitian ini dapat menjadi bahan pembelajaran yang bermanfaat untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan spiritual dengan minat belajar siswa. xi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 23 Aug 2025 01:58 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 01:58 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1818 |