ANALISIS KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KELAS IV SDN 29 NENAK TEMBULAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024

Astuti, Jayanti (2024) ANALISIS KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KELAS IV SDN 29 NENAK TEMBULAN TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1708061310_COVER.pdf] Text
PBI_1708061310_COVER.pdf

Download (860kB)
[thumbnail of PBI_1708061310_BAB 1.pdf] Text
PBI_1708061310_BAB 1.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of PBI_1708061310_BAB 2.pdf] Text
PBI_1708061310_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[thumbnail of PBI_1708061310_BAB 3.pdf] Text
PBI_1708061310_BAB 3.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of PBI_1708061310_BAB 4.pdf] Text
PBI_1708061310_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[thumbnail of PBI_1708061310_BAB 5.pdf] Text
PBI_1708061310_BAB 5.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of PBI_1708061310_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1708061310_LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Astuti Jayanti.2024, Analisis Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kelas IV SDN 29 Nenak Tembulan Tahun Pembelajaran 2023/2024, Program Study PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Eliana Yunitha Seran, M.Pd., Pembimbing II: Agusta Kurniati, M.Pd Kata kunci : Analisis Karakter, Peduli Lingkungan, Lingkungan hidup Penelitian ini berlatar belakang berdasarkan hasil praobservasi, penulis melakukan wawancara dengan guru kelas yang mengatakan (1) bahwa anak anak sering membuang sampah didepan kelas (2) anak anak membuang sampah bukan pada tempatnya, (3) anak-anak sangat malas membuang sampah hingga akhirnya membuang dilaci meja dan menyebabkan sampah menumpuk dan bau. Karakter siswa seperti ini dikelas tentu ada sebabnya dan dari beberapa anak yang yang memiliki masalah yang sama tetapi alasannya dapat saja berbeda. Tujuan penelitian untuk memberikan gambaran yang akurat dan holistik tentang karakter peduli lingkungan siswa sekolah dasar. Metode penelitian adalah kualitatif dengan bentuk deskriptif. Populasi penelitian berjumlah 19 siswa dan diambil semua sebagai sampel. Instrument penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi untuk analis data. Hasil penelitian pada siswa kelas IV, diperoleh Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan observasi, dengan melihat hal yang diamati yaitu (1) membuang sampah pada tempatnya, (2) piket kelas, (3) siswa diantar atau menggunakan kendaraan umum, (4) tidak menyalakan lampu kelas saat terang, (5) mendaur ulang sampah, (6) membawa bekal atau jajan, (7) mematikan keran, penggunaan air WC. Hasilnya observasi menunjukan karakter peduli lingkungan siswa SDN 29 Nenak Tembulan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan wawancara 19 siswa, dengan 11 pertanyaan berdasarkan indikator karakter lingkungan. Adapun indikator karakter lingkungan ada 4 yaitu penghematan energi, pengelolaan sampah, pemanfaatan air, peduli lingkungan sekitar. Hasilnya wawancara menunjukan karakter peduli lingkungan siswa SDN 29 Nenak Tembulan sudah baik. Berdasarkan hasil penelitian dengan mewawancarai wali kelas IV faktor yang mempengaruhi karakter peduli lingkugan pada siswa kelas IV SDN 29 Nenak Tembulan tahun pembelajaran 2023/2024., disimpulkan bahwa yang paling utama adalah kesadaran diri sendiri yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini diserahkan untuk SDN 29 Nenak Tembulan, guru, dan orang tua sebagai pusat lingkungan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 23 Aug 2025 01:58
Last Modified: 23 Aug 2025 01:58
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1817

Actions (login required)

View Item
View Item