ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI IPA TEMA 5 EKOSISTEM DI KELAS V SDN 15 KAPUAS KIRI HULU SINTANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Elysabeth Wenggo, Rapa (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA MATERI IPA TEMA 5 EKOSISTEM DI KELAS V SDN 15 KAPUAS KIRI HULU SINTANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1708061314_COVER.pdf] Text
PBI_1708061314_COVER.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBI_1708061314_BAB 1.pdf] Text
PBI_1708061314_BAB 1.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of PBI_1708061314_BAB 2.pdf] Text
PBI_1708061314_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[thumbnail of PBI_1708061314_BAB 3.pdf] Text
PBI_1708061314_BAB 3.pdf

Download (501kB)
[thumbnail of PBI_1708061314_BAB 4.pdf] Text
PBI_1708061314_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB)
[thumbnail of PBI_1708061314_BAB 5.pdf] Text
PBI_1708061314_BAB 5.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of PBI_1708061314_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1708061314_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Elysabeth Wenggo Rapa. 2023. Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi IPA Tema 5 Ekosistem di Kelas V SDN 15 Kapuas Kiri Hulu Sintang Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi PGSDSTKIP. Pembimbing 1: Dr. Adriana Gandasari, S.Pd., M.Pd, Pembimbing II. Gabriel Serani, S.S.M.Hum Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Berpikir Kritis, Ekosistem Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan keterampilan intelektual yang penting untuk dikembangkan pada siswa. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dapat menjadi salah satu mata pelajaran yang mendorong pengembangan kemampuan tersebut. Materi IPA Tema 5 Ekosistem dapat menjadi ajang yang baik untuk mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi IPA tema 5 Ekosistem di kelas V SDN 15 Kapuas Kiri Hulu Sintang Tahun Pelajaran 2022/2023 yang meliputi kemampuan menganalisis (C4) dan kemampuan mengevaluasi (C5). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif desktiptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi menganalisis (C4) siswa memiliki jumlah 800, dengan nilai 42,1 kategori cukup, yang artinya cukup memiliki kemampuan atau keterampilan membedakan, mengorganisasikan, dan menghubungkan; (2) Hasil kemampuan berpikir tingkat tinggi mengevaluasi (C5) siswa berjumlah 800, dengan nilai 42,1 kategori cukup, yang artinya cukup dalam level evaluasi merupakan kemempuan dalam mengambil keputusan berdasarkan kriteria-kriteria. Level ini terdiri dari keterampilan mengecek dan mengkritisi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa dalam penelitian ini memiliki kemampuan menganalisis (C4) dan mengevaluasi (C5) yang cukup. Kemampuan ini penting dalam pengembangan pemahaman yang lebih mendalam, pengambilan keputusan yang kritis, dan keterampilan berpikir tingkat tinggi lainnya. Namun, tetap diperlukan upaya lanjutan dalam pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa agar dapat mencapai level yang lebih tinggi lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 23 Aug 2025 01:58
Last Modified: 23 Aug 2025 01:58
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1815

Actions (login required)

View Item
View Item