Winda, Permata (2023) HUBUNGAN KEBIASAAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI20 MAMBOK SINTANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_1910061740_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061740_COVER.pdf
Download (477kB)
![[thumbnail of PBI_1910061740_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061740_BAB 1.pdf
Download (106kB)
![[thumbnail of PBI_1910061740_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061740_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (234kB)
![[thumbnail of PBI_1910061740_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061740_BAB 3.pdf
Download (350kB)
![[thumbnail of PBI_1910061740_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061740_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of PBI_1910061740_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061740_BAB 5.pdf
Download (88kB)
![[thumbnail of PBI_1910061740_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061740_LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Winda Permata. 1910061740. 2023. Hubungan Kebiasaan Membaca Dengan Kemampuan Menulis Dalam Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 20 Mambok Sintang Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Ursula Dwi Oktaviani, M.Pd., Pembimbing II: Sudarto, M.Pd. Kata kunci: Kebiasaan Membaca, Kemampuan Menulis. Berdasarkan praobservasi terdapat beberapa masalah yang dihadapi yaitu, kurangnya kesadaran siswa kelas V tentang pentingnya membiasakan diri membaca. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya minat siswa-siswi mengunjungi perpustakaan, pada saat guru berhalangan hadir siswa lebih memilih bermain dan kegiatan membaca hanya dilakukan pada saat diminta guru membaca dikelas, dan dilihat dari hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia, masih ada sebagian siswa yang nilainya kurang atau belum memenuhi ketuntasan minimal, terutama pada hasil tes kemampuan menulis, terdapat kesulitan pada siswa-siswi menjawab soal yang berkaitan dengan isi bacaan, dari ketuntasan minimal yaitu 68. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kebiasaan membaca siswa (2) kemampuan menulis siswa (3) hubungan kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis siswa. Jenis penelitian ini adalah hubungan sebab-akibat. Populasi dalam penelitian ini adalah 23 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampling jenuh. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu angket, lembar tes dan dokumentasi. Data penelitian selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan kebiasaan membaca siswa sebesar 77,39% dengan kategori baik. Rata-rata hasil tes kemampuan menulis siswa sebesar 68,26 dengan kategori baik. Korelasi antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa thitung> ttabel atau 3,4703 > 1,7207, yang berarti kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis siswa memiliki hubungan yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 23 Aug 2025 01:58 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 01:58 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1814 |