ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 5 SEBADAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Mardiansyah, Mardiansyah (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 5 SEBADAK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_1506061126_COVER.pdf] Text
PBI_1506061126_COVER.pdf

Download (717kB)
[thumbnail of PBI_1506061126_BAB 1.pdf] Text
PBI_1506061126_BAB 1.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of PBI_1506061126_BAB 2.pdf] Text
PBI_1506061126_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[thumbnail of PBI_1506061126_BAB 3.pdf] Text
PBI_1506061126_BAB 3.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of PBI_1506061126_BAB 4.pdf] Text
PBI_1506061126_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[thumbnail of PBI_1506061126_BAB 5.pdf] Text
PBI_1506061126_BAB 5.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of PBI_1506061126_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_1506061126_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mardiansyah. 2022. “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 5 Sebadak Tahun Pelajaan 2021/2022”. Skripsi, Program Studi, PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Agusta Kurniati, M.Pd. Pembimbing II Beni Setiawan, M.Pd. Kata Kunci: Kesulitan Siswa;.Pembelajaran Matematika; Kesulitan memahami konsep; kesulitan memecahkan masalah Pembelajaran matematika hingga saat ini masih ditemui banyak permasalahan salah satunya adalah siswa kesulitan memahami konsep dan kesulitan memecahkan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kesulitan yang dialami oleh siswa kelas V dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan teknik analisis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dan wali kelas V. Objek penelitian ini menganalisis kesulitan belajar matematika dan upaya yang harus dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar pada siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi dan metode wawancara. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif Miles dan Hubermen yang terdiri dari: Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran matematika adalah kesulitan memahami konssep dan kesulitan memecahkan masalah. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru matematika didalam mengatasi kesulitan siswa tersebut antara lain mengajarkan matematika sesuai teori matematika menggunakan media yang kongret, memperbanyak latihan soal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dalam proses pembelajaran matematika perlu kreativitas pembelajaran yang menarik perlu kerjasama dari berbagai pihak agar guru dapat mengembangkan pembelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 23 Aug 2025 01:40
Last Modified: 23 Aug 2025 01:40
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1810

Actions (login required)

View Item
View Item