PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS III SD NEGERI 12 TANJUNG DURIAN KABUPATEN KAPUAS HULU TAHUN AJARAN 2024/2025

Maria Olivia, Usun (2025) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS III SD NEGERI 12 TANJUNG DURIAN KABUPATEN KAPUAS HULU TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_2011061794_COVER.pdf] Text
PBI_2011061794_COVER.pdf

Download (711kB)
[thumbnail of PBI_2011061794_BAB 1.pdf] Text
PBI_2011061794_BAB 1.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of PBI_2011061794_BAB 2.pdf] Text
PBI_2011061794_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[thumbnail of PBI_2011061794_BAB 3.pdf] Text
PBI_2011061794_BAB 3.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of PBI_2011061794_BAB 4.pdf] Text
PBI_2011061794_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[thumbnail of PBI_2011061794_BAB 5.pdf] Text
PBI_2011061794_BAB 5.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of PBI_2011061794_LAMPIRAN.pdf] Text
PBI_2011061794_LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Maria Olivia Usun. 2024 Penggunaan Media Pembelajaran Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SD Negeri 12 Tanjung Durian Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Herpanus, S.P., M.A., Ph.D., Pembimbing II: Gabriel Serani, S.S., M.Hum. Kata kunci: Kemampuan Membaca, Media Pembelajaran, Big Book Membaca memegang peranan yang penting dalam dunia pendidikan, namun kenyataannya banyak siswa yang kurang memiliki kemampuan membaca hal ini terlihat dari siswa yang masih membaca terbata-bata, siswa kurang dalam memahami bacaan, siswa kurang antusias selama proses pembelajaran dan cara mengajar guru yang masih konvensional. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran big book. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca siswa kelas III SD Negeri 12 Tanjung Durian dengan penggunaan media pembelajaran big book. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam dua siklus, dengan jumlah subjek penelitian yang terdiri sebanyak 8 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan angket respon. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca pemahaman siswa setelah penerapan media pembelajaran big book. Pada siklus I ketuntasan mencapai 62,5% dan meningkat pada siklus II dengan mencapai ketuntasan 87,5%. Selain itu, siswa juga menunjukkan antusiasme yang tinggi dan partisipasi aktif selama pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran big book efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa, serta dapat dijadikan alternatif dalam strategi pembelajaran di kelas rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 23 Aug 2025 01:40
Last Modified: 23 Aug 2025 01:40
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1803

Actions (login required)

View Item
View Item