Yoga Abella Reza, Pratama (2025) ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS V SD NEGERI 14 LEBAK NAJAH TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBI_1910061744_COVER.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061744_COVER.pdf
Download (530kB)
![[thumbnail of PBI_1910061744_BAB 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061744_BAB 1.pdf
Download (175kB)
![[thumbnail of PBI_1910061744_BAB 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061744_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (391kB)
![[thumbnail of PBI_1910061744_BAB 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061744_BAB 3.pdf
Download (186kB)
![[thumbnail of PBI_1910061744_BAB 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061744_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (407kB)
![[thumbnail of PBI_1910061744_BAB 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061744_BAB 5.pdf
Download (164kB)
![[thumbnail of PBI_1910061744_LAMPIRAN.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBI_1910061744_LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
Abstract
Yoga Abella Reza Pratama. 2024. Skripsi Analisis Motivasi Belajar Siswa di Kelas V SD Negeri 14 Lebak Najah Tahun Ajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Lusila Parida, M.Pd. Pembimbing II: Thomas Joni Veranto Aristo, M.Pd. Kata Kunci : Motivasi Belajar Siswa, Sekolah Dasar, Analisis Belajar Latar belakang penelitian ini berangkat dari melihat rendahnya motivasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 14 Lebak Najah. Motivasi sangatlah penting, oleh karena itu pada setiap usaha apapun timbulnya motivasi sangat dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis motivasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 14 Lebak Najah Tahun Ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil ,penelitian ini menunjukan bahwa (1) Berdasarkan perolehan hasil lembar observasi motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 14 Lebak Najah bahwa penerapan motivasi dapat dikategorikan “Sangat Baik”. (2) Dalam setiap proses pelajaran siswa merasa nyaman, aman dan tertib, serta bebas untuk mengeluarkan pendapat, siswa bebas juga untuk melakukan apa yang mereka inginkan sesuai dengan pelajaran yang mereka dapatkan. (3) Memberikan ulangan, memberikan pujian dan memberikan hadiah ini adalah upaya guru untuk memotivasi anak agar memiliki kemauan dan kesadaran pada dirinya bahwa belajar itu sangatlah penting. Berdasarkan hasil wawancara yang didapatkan peneliti disini pastinya guru juga memiliki upaya tersendiri didalam mengatasi hambatan dalam menerapkan motivasi belajar siswa seperti berusaha mengarahkan dan tetap memberikan motivasi serta mengajar siswa. Pertanyaan, apa metode belajar yang ibu gunakan saat meningkatkan motivasi?. “Pertama, metode belajar yang saya gunakan adalah metode kelompok karena metode ini memungkinkan siswa untuk bebas mengeluarkan pendapat dan memupuk rasa tanggung jawab dengan metode ini juga dapat melatih siswa bagaimana menghargai pendapat orang lain. Kedua, metode Jigsaw dengan metode ini membuat siswa belajar mendengar dan belajar satu sama lain.” Saran bagi sekolah hendaknya sekolah memperhatikan fasilitasfasilitas pendukung dalam penerapan motivasi belajar siswa agar dapat berjalan dengan lancar pada proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 23 Aug 2025 01:41 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 01:41 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1801 |