PENGEMBANGAN MEDIA DADU DIAGRAM GARIS (DUDIRIS) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN NUMERASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 14 DAROK

Bella Indah, Safira (2025) PENGEMBANGAN MEDIA DADU DIAGRAM GARIS (DUDIRIS) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN NUMERASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 14 DAROK. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBI_2011061783_COVER.pdf] Text
PBI_2011061783_COVER.pdf

Download (748kB)
[thumbnail of PBI_2011061783_BAB 1.pdf] Text
PBI_2011061783_BAB 1.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of PBI_2011061783_BAB 2.pdf] Text
PBI_2011061783_BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[thumbnail of PBI_2011061783_BAB 3.pdf] Text
PBI_2011061783_BAB 3.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of PBI_2011061783_BAB 4.pdf] Text
PBI_2011061783_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[thumbnail of PBI_2011061783_BAB 5.pdf] Text
PBI_2011061783_BAB 5.pdf

Download (204kB)

Abstract

Bella, Indah. 2024. “Pengembangan Media Dadu Diagram Garis (DUDIRIS) Sebagai Upaya Meningkatkan Numerasi Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 14 Darok”. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Hilarius Jago Duda, S.Si., M.Pd. Pembimbing II: Andri, M.Pd. Kata Kunci: Media Dadu, Numerasi, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya pemanfaatan penggunaan media, khususnya dalam pembelajaran matematika materi diagram garis serta kurangnya kemampuan numerasi dan kurangnya semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran matematika di SD Negeri 14 Darok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media dadu diagram garis (DUDIRIS) sebagai upaya meningkatkan numerasi dan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 14 Darok. Metode yang digunakan adalah metode penelitian RND (Researc and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi serta menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapun subjekk uji coba dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas IV SD Negeri 14 Darok dengan sampel uji skala terbatas 5 siswa dan uji skala luas 30 siswa kelas IV. Alat pengumpulan data soal tes, angket tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis uji validasi, uji reliabelitas, tingkat kesukaran, dan uji peningkatan. Hasil pengembangan media dadu diagram garis (DUDIRIS) sebagai berikut: kelayakan media oleh ahli media sebesar 95% dan ahli materi 93% dinyatakan sangat layak diuji cobakan kepada siswa. Hasil numerasi siswa skala terbatas di SD Negeri 14 Darok dari rata-rata nilai sebesar 74% sedangkan skala besar di SD Negeri 14 Darok sebesar 73% dengan kriteria tinggi. Hasil motivasi belajar siswa skala terbatas di SD Negeri 14 Darok dengan rata-rata 83% sedangkan skala luas diperoleh rata-rata 82% dengan kriteria sangat kuat. Jadi dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media dadu diagram garis (DUDIRIS) dapat meningkatkan numerasi dan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 14 Darok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 23 Aug 2025 01:41
Last Modified: 23 Aug 2025 01:41
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1798

Actions (login required)

View Item
View Item