Sakrina, nita (2025) PENGGUNAAN TEKNIK PERMAINAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 03 SILAT HILIR TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PBSI_1814041453_BAS_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_1814041453_BAS_TA.pdf
Download (616kB)
![[thumbnail of PBSI_1814041453_Chaper 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_1814041453_Chaper 3.pdf
Download (350kB)
![[thumbnail of PBSI_1814041453_Chaper_ 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_1814041453_Chaper_ 5.pdf
Download (136kB)
![[thumbnail of PBSI_1814041453_Chaper_ 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_1814041453_Chaper_ 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (234kB)
![[thumbnail of PBSI_1814041453_Chapter 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_1814041453_Chapter 1.pdf
Download (23kB)
![[thumbnail of PBSI_1814041453_BAU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_1814041453_BAU_TA.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBSI_1814041453_Chapter 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_1814041453_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (212kB)
![[thumbnail of PBSI_1814041453_SKS_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_1814041453_SKS_TA.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBSI_1814041453_Title.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_1814041453_Title.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBSI_1814041453_US_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_1814041453_US_TA.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBSI_1814041453_SKU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_1814041453_SKU_TA.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of PBSI_1814041453_UU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_1814041453_UU_TA.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of PBSI_1814041453_SKP_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_1814041453_SKP_TA.pdf
Download (4MB)
Abstract
Sakriana Nita,2025,Penggunaan Teknik Permainan Terhadap Motivasi Belajar
Dan Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 03 Silat
Hilir Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi,program Studi Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Pembimbing I:Debora
Korining Tyas,M.Pd., Pembimbing II:Herpanus,S.P.,Ph.D
Kata Kunci:Teknik Permainan,Motivasi Belajar,Menulis Puisi
Latar belakang penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran puisi di SMP
sering kali dianggap sulit dan membosankan oleh siswa, hal ini menyebabkan
rendahnya motivasi belajar dan kurangnya kemampuan dalam menulis puisi.
Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
efektivitas penggunaan teknik permainan terhadap motivasi belajar dan
kemampuan menulis puisi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif deskriptif dengan populasi sebanyak 34 siswa dan sampel sebanyak 25
siswa yang dipilih secara acak. Teknik permainan berbasis media gambar
diterapkan sebagai metode pembelajaran puisi. Instrumen pengumpulan data
meliputi angket, observasi, dan tes menulis puisi. Analisis data dilakukan
menggunakan regresi sederhana untuk melihat hubungan antara motivasi belajar
dan kemampuan menulis puisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik
permainan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dengan nilai rata-rata
2,786 kategori (tinggi) dan keterlibatan siswa mencapai 100% dalam indikator
observasi. Pada aspek kemampuan menulis puisi, rata-rata nilai siswa adalah 75,6
dengan kategori “baik”. Analisis regresi menunjukkan nilai signifikansi sebesar
0,017 (p < 0,05) dan nilai R² sebesar 0,223, yang berarti bahwa 22,3% variasi
dalam kemampuan menulis puisi siswa dipengaruhi oleh motivasi belajar.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa teknik permainan efektif dalam
meningkatkan motivasi belajar dan berpengaruh positif terhadap kemampuan
menulis puisi siswa. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi
guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang inovatif, serta mendorong
siswa untuk lebih kreatif dan aktif dalam pembelajaran sastra,
khususnya materi puisi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Sakriana Nita |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 02:04 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 02:04 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1753 |