Selviani, Pratiwi (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 NANGA SILAT TAHUN AJARAN 2025/2026. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PGSD_2112061990_Tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061990_Tittle.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of PGSD_2112061990_Chapter 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061990_Chapter 1.pdf
Download (247kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061990_Chapter 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061990_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (245kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061990_Chapter 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061990_Chapter 3.pdf
Download (334kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061990_Chapter 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061990_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of PGSD_2112061990_Chapter 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061990_Chapter 5.pdf
Download (126kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061990_BAS_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061990_BAS_TA.pdf
Download (392kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061990_BAU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061990_BAU_TA.pdf
Download (353kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061990_US_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061990_US_TA.pdf
Download (66kB)
![[thumbnail of PGSD_2112061990_UU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112061990_UU_TA.pdf
Download (61kB)
![[thumbnail of SK PENGUJI PROPOSAL TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SK PENGUJI PROPOSAL TA.pdf
Download (146kB)
![[thumbnail of SK PENGUJI UJIAN TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SK PENGUJI UJIAN TA.pdf
Download (135kB)
Abstract
Selviani Pratiwi. 2025, Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Informatif Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Silat Hilir. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwaa Sintang. Pembimbing I: Eliana Yunitha Seran, M.Pd, Pembimbing II: Gabriel Serani, S.S., Hum].
Kata kunci: membaca pemahaman, model STAD, pembelajaran kooperatif, siswa sekolah dasar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 02 Silat Hilir akibat pembelajaran satu arah, minimnya motivasi, dan kurangnya strategi yang melibatkan siswa secara aktif. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan membaca pemahaman teks informatif melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student TeamsAchievement Division (STAD). Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan pendekatan kualitatif deskriptif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes, serta dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil menunjukkan peningkatan ratarata nilai tes dari 73,8 (67% ketuntasan) pada siklus I menjadi 83,3 (95%) pada siklus II. Secara rinci, aspek memaknai kosakata meningkat dari 62,75% menjadi 100%; menyimpulkan informasi dari 66,18% menjadi 88%; serta menemukan ide pokok dan gagasan pendukung dari 60,29% menjadi 82%. Aktivitas guru meningkat dari 85% menjadi 97%, dan aktivitas siswa dari 80% menjadi 93%. Respons siswa melalui angket meningkat dari 75,3% menjadi 91,3%, menunjukkan antusiasme, partisipasi aktif, dan minat yang tinggi. Temuan ini membuktikan bahwa model STAD efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman, dan direkomendasikan untuk diterapkan secara berkelanjutan sebagai strategi pembelajaran aktif yang kontekstual dan kolaboratif di sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Selviani Pratiwi |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 01:46 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 01:46 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1748 |