Evi, netiana (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTs AL-MUHAJIRIN PANDAN. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of Matematika_210410045_Chapter 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Matematika_210410045_Chapter 1.pdf
Download (340kB)
![[thumbnail of Matematika_210410045_Chapter 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Matematika_210410045_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (455kB)
![[thumbnail of Matematika_210410045_Chapter 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Matematika_210410045_Chapter 3.pdf
Download (503kB)
![[thumbnail of Matematika_210410045_Chapter 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Matematika_210410045_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (365kB)
![[thumbnail of Matematika_210410045_Chapter 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Matematika_210410045_Chapter 5.pdf
Download (218kB)
![[thumbnail of Matematika_210410045_SKS_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Matematika_210410045_SKS_TA.pdf
Download (535kB)
![[thumbnail of Matematika_210410045_SKU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Matematika_210410045_SKU_TA.pdf
Download (854kB)
![[thumbnail of Matematika_210410045_SPS_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Matematika_210410045_SPS_TA.pdf
Download (512kB)
![[thumbnail of Matematika_210410045_US_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Matematika_210410045_US_TA.pdf
Download (559kB)
![[thumbnail of Matematika_210410045_UU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Matematika_210410045_UU_TA.pdf
Download (561kB)
![[thumbnail of matematika_210410045_title.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
matematika_210410045_title.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Matematika_210410045_Appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Matematika_210410045_Appendix.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
Abstract
Evi Netiana. 2025, Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap
Keterampilan Kolaborasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
MTs Al-Muhajirin Pandan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika STKIP
Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Olenggius Jiran Dores, M.Pd.,
Pembimbing II: Kandida Maro Rayo, M.Pd.
Kata kunci: Project Based Learning (PjBL), Keterampilan Kolaborasi, dan
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan keterampilan kolaborasi dan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa MTs yang rendah serta
penggunaan model pembelajaran yang monoton. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan
kolaborasi kelas eksperimen, pengaruh model Project Based Learning (PjBL)
terhadap keterampilan kolaborasi kelas eksperimen dan kontrol, perbedaan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum dan sesudah
menggunakan model Project Based Learning (PjBL), pengaruh model Project
Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa
kelas eksperimen dan kontrol dan respon siswa. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat
pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan kolaborasi
siswa kelas eksperimen dengan diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05, selanjutnya
terdapat pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan
kolaborasi siswa kelas eksperimen dan kontrol dengan diperoleh nilai signifikan
sebesar 0,001 < 0,05, kemudian terdapat perbedaan kemampuan pemecahan
masalah matematis siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Project Based
Learning (PjBL) dengan diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05, selanjutnya
terdapat pengaruh model model Project Based Learning (PjBL) terhadap
kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eskperimen dan kontrol dengan
diperoleh nilai signifikan 0,001 < 0,05 dan respon siswa terhadap model Project
Based Learning (PjBL) diperoleh rata-rata sebesar 90%. Berdasarkan hasil
penelitian disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) berpengaruh
signifikan terhadap keterampilan kolaborasi dan kemampuan pemecahan masalah
matematis siswa. Diharapkan model Project Based Learning (PjBL) dapat menjadi
salah satu alternatif pembelajaran yang mampu meningkatkan keterampilan
kolaborasi dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Evi Netiana |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 01:45 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 01:45 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1738 |