PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS FIKSI PADA SISWA KELAS Vlll DI SMP NEGERI 3 SUNGAI TEBELIAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Maya, Ledia (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS FIKSI PADA SISWA KELAS Vlll DI SMP NEGERI 3 SUNGAI TEBELIAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.

[thumbnail of PBSI_211704148_Tittle.pdf] Text
PBSI_211704148_Tittle.pdf

Download (981kB)
[thumbnail of PBSI_2117041548_Chapter 1.pdf] Text
PBSI_2117041548_Chapter 1.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of PBSI_2117041548_Chapter 2.pdf] Text
PBSI_2117041548_Chapter 2.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of PBSI_2117041548_Chapter 3.pdf] Text
PBSI_2117041548_Chapter 3.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of PBSI_2117041548_Chapter 4.pdf] Text
PBSI_2117041548_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[thumbnail of PBSI_2117041548_Chapter 5.pdf] Text
PBSI_2117041548_Chapter 5.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of PBSI_2117041548_Apendix.pdf] Text
PBSI_2117041548_Apendix.pdf

Download (23MB)
[thumbnail of PBSI_2117041548_BAS.pdf] Text
PBSI_2117041548_BAS.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBSI_2117041548_SKU.pdf] Text
PBSI_2117041548_SKU.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBSI_2117041548_US_TA.pdf] Text
PBSI_2117041548_US_TA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PBSI_2117041548_BAU__TA.pdf] Text
PBSI_2117041548_BAU__TA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Maya Ledia Kula. 2025. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Teks Fiksi pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Sungai Tebelian Tahun Pelajaran 2024/2025.
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Yudita Susanti, S.S., M.Pd. Pembimbing II: Herpanus, S.P., M.A., Ph.D.

Kata Kunci: Think Pair Share, Hasil Belajar, Teks Fiksi

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam memahami materi teks fiksi serta kurangnya keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa serta menganalisis respons siswa terhadap penerapan model tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen tipe pretest-posttest control group. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes pretest dan posttest, serta angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 64,50, sedangkan kelas kontrol sebesar 60,50. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,164 > 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan secara statistik antara model TPS terhadap hasil belajar siswa. Respons siswa terhadap penerapan model TPS sangat baik, dengan skor rata-rata angket sebesar 85%, dan hasil observasi menunjukkan bahwa siswa menunjukkan keterlibatan aktif serta antusiasme tinggi selama proses pembelajaran dengan model TPS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa model TPS dapat meningkatkan keterlibatan siswa, hasil belajar, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi referensi bagi guru dalam memilih strategi pembelajaran yang efektif, khususnya dalam pembelajaran teks fiksi, serta dapat menjadi bahan pertimbangan pengembangan model pembelajaran kooperatif lainnya yang mampu meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Maya Ledia Kula
Date Deposited: 11 Sep 2025 01:41
Last Modified: 11 Sep 2025 01:41
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1714

Actions (login required)

View Item
View Item