Teya, Arfani (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SKRIPSI. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410057_Chapter 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410057_Chapter 1.pdf
Download (220kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410057_Chapter 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410057_Chapter 3.pdf
Download (178kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410057_Chapter 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410057_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (316kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410057_BAU.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410057_BAU.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410057_Chapter 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410057_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (267kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410057_BAS.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410057_BAS.pdf
Download (964kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410057_Chapter 6.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410057_Chapter 6.pdf
Download (135kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410057_Chapter 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410057_Chapter 5.pdf
Download (484kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410057_SKP.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410057_SKP.pdf
Download (804kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410057_SKU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410057_SKU_TA.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410057_Title.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410057_Title.pdf
Download (993kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410057_US_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410057_US_TA.pdf
Download (755kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410044_Appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410044_Appendix.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Teya Arfani. 2025, Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa
SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Belajar, Skripsi,
Program Studi Pendidikan Matematika Persada Khatulistiwa Sintang.
Pembimbing I : Beni Setiawan, M.Pd, Pembimbing II : Kandida Maro Rayo,
M.Pd
Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep Mtematis, Gaya Belajar, dan Soal
Cerita
Latar belakang penelitian ini pemahaman konsep matematika menjadi salah satu
hal yang penting dan mendasar dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis
siswa. Kemampuan pemahaman konsep dapat dilakukan salah satunya dengan
gaya belajar karena siswa memiliki tingkat pemahaman konsep matematis yang
berbeda-beda seperti mereka lebih suka cara grafis, kata- kata tercetak, mendengar
atau menggunakan pengalaman dan praktik dalam merepresentasikan informasi.
Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif. Subjek penelitiannya adalah 9 siswa
dari 27 orang siswa kelas VIII-E SMPN 3 Sintang. Pengumpulan data dilakukan
melalui angket gaya belajar, tes tertulis, dan wawancara. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa siswa yang memiliki gaya belajar berbeda mempunyai hasil
kemampuan pemahaman konsep yang berbeda pula. Siswa gaya belajar visual
secara umum cukup mampu dalam memenuhi indikator kemampuan pemahaman
konsep matematis yaitu mampu memenuhi 3 indikator, siswa gaya belajar
auditorial secara umum dikatakan baik atau hampir memenuhi setiap indikator
kemampuan pemahaman konsep yaitu dapat memenuhi 5 indikator, sedangkan
gaya belajar kinestetik secara umum kurang baik dalam memenuhi setiap
indikator yaitu hanya mampu memenuhi 2 indikator kemampuan pemahaman
konsep matematis. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa masih dikategorikan rendah,maka perlu
dilakukan kegiatan pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan
pemahaman konsep matematis siswa. Harapannya untuk memberikan pemahaman
mendalam tentang bagaiamana individu memahami suatu konsep.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Teya Arfani |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 01:36 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 01:36 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1692 |