Lili, k (2025) PENGGUNAAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 7 SINTANG. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of PGSD_2112062005_BAS_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112062005_BAS_TA.pdf
Download (696kB)
![[thumbnail of PGSD_2112062005_CHAPTER 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112062005_CHAPTER 1.pdf
Download (413kB)
![[thumbnail of PGSD_2112062005_CHAPTER 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112062005_CHAPTER 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (348kB)
![[thumbnail of PGSD_2112062005_BAU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112062005_BAU_TA.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PGSD_2112062005_CHAPTER 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112062005_CHAPTER 5.pdf
Download (194kB)
![[thumbnail of PGSD_2112062005_CHAPTER 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112062005_CHAPTER 3.pdf
Download (757kB)
![[thumbnail of PGSD_2112062005_SKS_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112062005_SKS_TA.pdf
Download (717kB)
![[thumbnail of PGSD_2112062005_US_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112062005_US_TA.pdf
Download (529kB)
![[thumbnail of PGSD_2112062005_CHAPTER 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112062005_CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of PGSD_2112062005_SKU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112062005_SKU_TA.pdf
Download (684kB)
![[thumbnail of PGSD_2112062005_UU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112062005_UU_TA.pdf
Download (508kB)
![[thumbnail of PGSD_2112062005_TITTLE.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112062005_TITTLE.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PGSD_2112062005_APPENDIX.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2112062005_APPENDIX.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
Abstract
Lili. K, 2025. “ Penggunaan LKPD Berbasis Problem Based Learning untuk
meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar Matematika Siswa Kelas VII
SMPN 7 Sintang Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi: Program Studi Pendidikan
Matematika STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing 1 : Kandida Maro
Rayo, M.Pd. Pembimbing II : Beni Setiawan, M.Pd.
Kata Kunci : LKPD Berbasis Problem Based Learning, Kemampuan Pemahaman
Konsep, Minat Belajar Matematika
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan
minat belajar matematika siswa kelas VII SMPN 7 Sintang. Tujuan dilakukan
penelitian untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan minat
belajar matematika siswa menggunakan LKPD berbasis Problem Based Learning.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan bentuk
penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Instrument penelitian yang
digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa, soal tes pemahaman
konsep, angket respon, angket minat dan dokumentasi kegiatan. Berdasarkan hasil
penelitian dan pengolahan data dari 28 siswa, hasil observasi aktivitas guru
terlaksana pada siklus I mencapai 88,67% dengan kategori sangat baik dan siklus
II aspek terlaksana dengan sangat baik mencapai 100%, kemudian hasil observasi
aktivitas siswa siklus I terlaksana 81,67% dengan kategori baik dan pada siklus II
terlaksana 100% kategori sangat baik. Hasil tes pemahaman konsep matematika
siswa pada siklus I yakni 71,43% (20 siswa) kategori cukup, 14,28% (4 siswa)
kategori baik dan 7,14% (2 siswa) kategori sangat baik, 7,14% (2 siswa) kategori
kurang, pada siklus II yaitu 60,71% (17 siswa) kategori sangat baik dan 39,28%
(11 siswa) kategori baik. Persentase minat belajar matematika siswa siklus I
seluruh siswa berada 66% kategori cukup dan siklus II rata-rata minat belajar
mencapai 87% kategori sangat tinggi, Selanjutnya respon siswa terhadap
penggunaan LKPD berbasis Problem Based Learning pada siklus I siswa
menyatakan pembelajaran berjalan cukup baik dengan rata-rata 67%, pada siklus
II siswa menyatakan pembelajaran sudah berjalan sangat baik dengan rata-rata
82%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis Problem Based
Learning dapat meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar matematika
siswa kelas VII SMPN 7 Sintang. Harapannya LKPD berbasis Problem Based
Learning dapat menjadi acuan bagi guru, siswa serta peneliti selanjutnya dalam
mengimplementasikan pembelajaran menggunakan LKPD berbasis Problem
Based Learning agar hasil belajar, pemahaman konsep dan minat belajar
matematika siswa semakin optimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Lili Kartika |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 01:35 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 01:35 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1687 |