MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI SD NEGERI 04 PANDAN

Devi, Ramadhani (2025) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI SD NEGERI 04 PANDAN. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of PGSD-2011061821_Tittle.pdf] Text
PGSD-2011061821_Tittle.pdf

Download (939kB)
[thumbnail of PGSD-2011061821_Chapter 1.pdf] Text
PGSD-2011061821_Chapter 1.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of PGSD-2011061821_Chapter 2.pdf] Text
PGSD-2011061821_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[thumbnail of PGSD-2011061821_Chapter 3.pdf] Text
PGSD-2011061821_Chapter 3.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of PGSD-2011061821_Chapter 4.pdf] Text
PGSD-2011061821_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[thumbnail of PGSD-2011061821_Chapter 5.pdf] Text
PGSD-2011061821_Chapter 5.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of PGSD-2011061821_Appendix.pdf] Text
PGSD-2011061821_Appendix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PGSD_2011061821_BAS_TA.pdf] Text
PGSD_2011061821_BAS_TA.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of PGSD_2011061821_BAU_TA.pdf] Text
PGSD_2011061821_BAU_TA.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of PGSD_2011061821_SKU_TA.pdf] Text
PGSD_2011061821_SKU_TA.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of PGSD_2011061821_US_TA.pdf] Text
PGSD_2011061821_US_TA.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of PGSD_2011061821_UU_TA.pdf] Text
PGSD_2011061821_UU_TA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Devi Ramadhani. 2024. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Buku Saku Berbasis Mind mapping Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SD Negeri 04 Pandan. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Lusila Parida, M.Pd., Pembimbing II: Sirilus Sirhi, S.TP., M.M.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Buku Saku, Mind Mapping, Hasil Belajar

Banyak hal yang mempengaruhi sistem pendidikan di sekolah, salah satunya adalah hasil belajar. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah siswa menerima pengalaman belajarnya. Media buku saku berbasis mind mapping yakni media pembelajaran yang berisikan materi pembelajaran yang lebih mudah untuk dipahami oleh siswa dengan berbasis mind mapping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media pembelajaran buku saku berbasis mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V di SD Negeri 04 Pandan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun yang menjadi subjek dala penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, tes, dan wawancara. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, soal tes, dan lembar wawancara. Peningkatan hasil dari penerapan media pembelajaran buku saku berbasis mind mapping melalui penilaian aktivitas guru mengalami kenaikan dari siklus I sebesar 82,5%, meningkat menjadi 97,5% pada siklus II. Penilaian aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 77,5% meningkat menjadi 95% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa menggunakan media pembelajaran buku saku berbasis mind mapping mengalami kenaikan dari siklus I 58,62% meningkat menjadi 89,65% jadi diperoleh peningkatan sebesar 31,03%. Respon siswa melalui wawancara secara langsung menunjukkan respon positif terhadap media pembelajaran buku saku berbasis mind mapping. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran buku saku berbasis mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 04 Pandan. Penelitian ini diharapkan dapat membantu siswa menumbuhkan motivasi dan minat siswa dalam pembelajaran untuk menciptakan siswa yang kreatif, inovatif, kritis serta mandiri sehingga hasil belajar siswa meningkat dan memberikan alternatif media pembelajaran untuk diterapkan pada proses pembelajaran sebagai bentuk perkembangan dalam dunia Pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Devi Ramadhani
Date Deposited: 11 Sep 2025 00:56
Last Modified: 11 Sep 2025 00:56
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1649

Actions (login required)

View Item
View Item