Rufini, Finii (2025) PENGEMBANGAN POP UP BOOK MATEMATIKA BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410055_Tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410055_Tittle.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410055_Chapter 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410055_Chapter 1.pdf
Download (231kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410055_Chapter 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410055_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410055_Chapter 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410055_Chapter 3.pdf
Download (766kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410055_Chapter 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410055_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (643kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410055_Chapter 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410055_Chapter 5.pdf
Download (337kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410055_Appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410055_Appendix.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Rufini. 2025. Pengembangan Pop Up Book Matematika Berbasis Discovey Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemandirian Belajar Siswa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Beni Setiawan, M.Pd., Pembimbing II: Kandida Maro Rayo, M.Pd.
Kata Kunci: Pop Up Book, Discovey Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemandirian Belajar Siswa.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk
mengembangkan media pembelajaran berupa Pop Up Book berbasis Discovey Learning untuk meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Siswa. Pop Up Book yang dikembangkan memuat materi kesebangunan segitiga dan segi empat yang dipelajari pada kelas VII. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Reseach and Development), dengan prosedural pengembangan mengadaptasi model pengembangan tipe ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluatation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validitas Pop Up Book, lembar angket uji coba skala kecil, lembar angket respon siswa, lembar angket kemandirian belajar beserta soal tes. Hasil uji validitas Pop Up Book yang dikembangkan memperoleh persentase 95,2% termasuk kategori “Sangat valid”. Hasil uji coba skala kecil terhadap 15 orang siswa kelas VII B diperoleh persentase tingkat kepraktisan 94,96%, skor penilaian ini
mengindikasikan bahwa Pop Up Book berbasis Discovey Learning termasuk kategori "sangat praktis". Hasil analisis data terkait efektifitas Pop Up Book berbasis Discovey Learning yang diperoleh dari hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dari lima butir soal yang diberikan diperoleh rata-rata skor keseluruhan dari 30 subjek dan dihitung dengan N-Gain sebesar 0,81 atau 81% yang termasuk kategori “Efektif”. Selanjutnya, dari angket respon siswa terhadap media Pop Up Book berbasis Discovey Learning diperoleh persentase sebesar 92,43% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Selanjutnya, dari angket kemandirian belajar siswa diperoleh persentase 88,38%. Berdasarkan data tersebut bahwa Pop Up Book yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis dan mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa. Dapat disimpulkan Pop Up Book berbasis Discovey Learning yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa. Diharapkan pop up book ini dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Rufini Fini |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 00:56 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 00:56 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1647 |