Gresia, Anngi (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR ETNOMATEMATIKA BUDAYA DAYAK BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410046_Titlle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410046_Titlle.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410046_Chapter 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410046_Chapter 1.pdf
Download (805kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410046_Chapter 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410046_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410046_Chapter 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410046_Chapter 2.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410046_Chapter 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410046_Chapter 3.pdf
Download (636kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410046_Chapter 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410046_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410046_Chapter 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410046_Chapter 5.pdf
Download (585kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_210410046_Appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_210410046_Appendix.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (18MB)
Abstract
Gresia Anggi. 2025. Pengembangan Modul Ajar Etnomatematika Budaya Dayak Berbasis PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Skripsi,
Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Olenggius Jiran Dores, M.Pd., Pembimbing II: Melinda Rismawati, M.Pd. Kata Kunci: Modul Ajar, Etnomatematika, PBL, Literasi Matematis
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kevalidan, kepraktisan, keefektifan modul ajar etnomatematika budaya dayak berbasis PBL dan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation), penelitian ini dilaksanakan di SMPN 6 SATAP Sintang yang terdiri dari 15 siswa sebagai subjek pada skala kecil dan 25 siswa sebagai subjek pada skala besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan materi pada modul ajar sebesar 97,08% pada kategori sangat valid, tingkat kevalidan media sebesar 82,75% dengan kategori sangat valid, sedangkan untuk tingkat kepraktisan oleh siswa sebesar 93,34% dengan kategori sangat praktis dan tingkat kepraktisan oleh guru sebesar 91,15% dengan kategori sangat praktis. Tingkat keefektifan berdasarkan effect size dengan nilai 5,75 dengan kategori effect size besar sehingga modul ajar pada kategori sangat efektif dan tingkat keefektifan berdasarkan angket respon siswa sebesar 94% dengan kategori sangat efektif. Peningkatan kemampuan literasi matematis siswa berdasarkan N-gain sebesar 75,56% dengan kategori N-gain tinggi, sehingga diartikan bahwa kemampuan literasi matematis siswa mengalami peningkatan dari tingkat rendah menjadi tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul ajar etnomatematika budaya dayak berbasis PBL valid, praktis, efektif, dan mampu meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Penelitian ini diharapan dapat berkontribusi pada peningkatan kemampuan literasi matematis siswa melalui pengembangan modul ajar yang valid, praktis, dan efektif dengan mengintegrasikan budaya lokal dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Gresia Anggi |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 00:56 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 00:56 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1646 |