Ani, dahlia (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NUSANTARA INDAH SINTANG. Skripsi thesis, STKIP PERSADA KHATULISTIWA.
![[thumbnail of BIOLOGI_2117051477_BAU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_2117051477_BAU_TA.pdf
Download (362kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_2117051477_Chapter 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_2117051477_Chapter 3.pdf
Download (114kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_2117051477_Chapter 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_2117051477_Chapter 1.pdf
Download (207kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_2117051477_Chapter 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_2117051477_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (174kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_2117051477_Chapter 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_2117051477_Chapter 5.pdf
Download (178kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_2117051477_Chapter 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_2117051477_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (371kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_2117051477_Tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_2117051477_Tittle.pdf
Download (541kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_2117051477_SKU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_2117051477_SKU_TA.pdf
Download (723kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_2117051477_SKS.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_2117051477_SKS.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BIOLOGI_2117051477_SKU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_2117051477_SKU_TA.pdf
Download (723kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_2117051477_BAS_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_2117051477_BAS_TA.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of BIOLOGI_2117051477_Appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_2117051477_Appendix.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Ani Dahlia. 2025, Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Pada Materi
Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi
Belajar Siswa Kelas X SMA Nusantara Indah Sintang. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr.
Yakobus Bustami, S.Si.,M.Pd., Pembimbing II: Didin Syafruddin, SP.,M.Si.
Kata Kunci: Quantum Learning, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Sistem
Pencernaan.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan motivasi siswa yang
disebabkan oleh pembelajaran konvensional yang kurang variatif, kurangnya
keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, serta keterbatasan sarana prasarana
yang mendukung. Tujuan dari Penelitian ini untuk mengkaji pengaruh model
pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar dan motivasi siswa pada
materi sistem pencernaan makanan di SMA Nusantara Indah Sintang. Metode yang
digunakan dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif penelitian ini
mengguakan quasi eksperimen dengan desain pos-test non equivalent control grup.
Instrumen yang digunakan meliputi tes hasil belajar dan angket motivasi belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Quantum Learning secara
signifikan dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Implikasi
dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemilihan model pembelajaran yang tepat
sangat penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran biologi, khususnya pada
materi sistem pencernaan pada manusia. Kesimpulan Penerapan model
pembelajaran Quantum Learning terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar
dan motivasi siswa pada materi sistem pencernaan di SMA Nusantara Indah
Sintang. Hal ini menunjukkan bahwa pemilihan strategi pembelajaran yang tepat
dan menyenangkan dapat memberikan dampak positif terhadap keterlibatan siswa
dalam proses belajar serta pencapaian akademik mereka. Harapan yang dapat
diberikan adalah agar guru menggunakan model pembelajaran Quantum Learning
dalam proses pembelajaran, khususnya pada materi yang dianggap sulit. Model ini
terbukti mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, meningkatkan
motivasi siswa, dan memberikan dampak positif terhadap hasil belajar, sehingga
pembelajaran menjadi lebih efektif dan bermakna.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Ani Dahlia |
Date Deposited: | 11 Sep 2025 00:42 |
Last Modified: | 11 Sep 2025 00:42 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1634 |