PENGARUH METODE PEER TUTORING TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS II DI SEKOLAH DASAR NEGERI 08 SINTANG TAHUN AJARAN 2024/2025

Yosipa, Kristiana (2025) PENGARUH METODE PEER TUTORING TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS II DI SEKOLAH DASAR NEGERI 08 SINTANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of PGSD_2112061997_Tittle.pdf] Text
PGSD_2112061997_Tittle.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PGSD_2112061997_CHAPTER 1.pdf] Text
PGSD_2112061997_CHAPTER 1.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of PGSD_2112061997-CHAPTER 2.pdf] Text
PGSD_2112061997-CHAPTER 2.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of PGSD_2112061997_CHAPTER 3.pdf] Text
PGSD_2112061997_CHAPTER 3.pdf

Download (356kB)
[thumbnail of PGSD_2112061997_CHAPTER 4.pdf] Text
PGSD_2112061997_CHAPTER 4.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of PGSD_2112061997_CHAPTER 5.pdf] Text
PGSD_2112061997_CHAPTER 5.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of PGSD_2112061997_APPENDIX.pdf] Text
PGSD_2112061997_APPENDIX.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of PGSD_2112061997_BAS_TA.pdf] Text
PGSD_2112061997_BAS_TA.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of PGSD_2112061997_US_TA.pdf] Text
PGSD_2112061997_US_TA.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of PGSD_2112061997_SKS_TA.pdf] Text
PGSD_2112061997_SKS_TA.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of PGSD_2112061997_BAU_TA.pdf] Text
PGSD_2112061997_BAU_TA.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of PGSD_2112061997_UU_TA.pdf] Text
PGSD_2112061997_UU_TA.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of PGSD_2112061997_SKU_TA.pdf] Text
PGSD_2112061997_SKU_TA.pdf

Download (929kB)

Abstract

Kemampuan berhitung sangat penting di sekolah dasar. Mata pelajaran matematika
perlu dipelajari untuk membimbing siswa berpikir kritis, kreatif, dan bekerjasama.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode peer tutoring terhadap
kemampuan berhitung siswa kelas II di SDN 08 Sintang. Pendekatan penelitian
yang digunakan adalah kuantitatif. Metode penelitian eksperimen. Bentuk
penelitian Quasi Eksperimental Design. Desain penelitian Nonequivalent Control
Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN 08 Sintang
dan sampel berjumlah 32 siswa. Teknik Pengambilan sampel menggunakan non
probability samping. Teknik sampling adalah sampling purposive. Alat
pengumpulan data menggunakan observasi, soal tes, dan angket. Teknik analisis
data berupa analisis deskriptif, uji prasyarat dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil
observasi guru di kelas eksperimen memperoleh rata-rata 100 dengan kriteria sangat
baik. Berdasarkan pretest kelas eksperimen sebesar 738,5 dan kelas kontrol sebesar
960. Pada posttest kelas eksperimen sebesar 1468 dan kelas kontrol memperoleh
nilai posttest sebesar 1020. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang menunjukkan
bahwa Sig. (2-tailed) 0,000< nilai ɑ = 0,05 artinya Ho ditolak dan hipotesis Ha
diterima. Berdasarkan angket respon siswa diperoleh rata-rata 9,21% dengan
kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh metode peer
tutoring terhadap kemampuan berhitung siswa kelas II di Sekolah Dasar Negeri 08
Sintang Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian diharapkan dapat membantu siswa
lebih aktif berdiskusi dan bekerjasama dalam meningkatkan kemampuan berhitung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Yosipa Kristiana
Date Deposited: 11 Sep 2025 00:40
Last Modified: 11 Sep 2025 00:40
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1610

Actions (login required)

View Item
View Item