PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 10 KENERAK TAHUN AJARAN 2024/2025

Cindy Putri Amanda, Ison (2025) PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 10 KENERAK TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of PGSD_2011061857_Tittle.pdf] Text
PGSD_2011061857_Tittle.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PGSD_2011061857_Chapter1.pdf] Text
PGSD_2011061857_Chapter1.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of PGSD_2011061857_Chapter2.pdf] Text
PGSD_2011061857_Chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[thumbnail of PGSD_2011061857_Chapter3.pdf] Text
PGSD_2011061857_Chapter3.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of PGSD_2011061857_Chapter4.pdf] Text
PGSD_2011061857_Chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[thumbnail of PGSD_2011061857_Chapter5.pdf] Text
PGSD_2011061857_Chapter5.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of PGSD_2011061857_appendix.pdf] Text
PGSD_2011061857_appendix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of PGSD_2011061857_BAS_TA.pdf] Text
PGSD_2011061857_BAS_TA.pdf

Download (652kB)
[thumbnail of PGSD_2011061857_US_TA.pdf] Text
PGSD_2011061857_US_TA.pdf

Download (557kB)
[thumbnail of PGSD_2011061857_SKS_TA.pdf] Text
PGSD_2011061857_SKS_TA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PGSD_2011061857_BAU_TA.pdf] Text
PGSD_2011061857_BAU_TA.pdf

Download (685kB)
[thumbnail of PGSD_2011061857_UU_TA.pdf] Text
PGSD_2011061857_UU_TA.pdf

Download (572kB)
[thumbnail of PGSD_2011061857_SKU_TA.pdf] Text
PGSD_2011061857_SKU_TA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Cindy Putri Amanda. 2024, Penggunaan Media Belajar Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 10 Kenerak Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi PGSDSTKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Thomas Joni Verawanto Aristo, M.Pd Pembimbing II: Gabriel Serani, S.S.,M.Hum.

Kata Kunci: Media Powerpoint Interaktif; Minat Belajar; Hasil Belajar Kognitif

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar dan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan minat belajar dan hasil belajar koginitif siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN 10 Kenerak tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method). Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar angket, soal tes dan dokumentasi. Analisis data mencakup empat yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang diperoleh pada siklus I diperoleh hasil belajar siswa 33% yang tuntas dan pada siklsus II diperoleh hasil belajar 100% yang tuntas, terjadinya peningkatan ini karena besarnya aktivitas siswa yang menandakan siswa mengalami peningkatan dengan baik melalui media belajar yang digunakan pada proses pembelajaran. Pada minat belajar siswa berdasarkan hasil angket diperoleh peningkatan persentase dari pernyataan negatif ke pernyataan positif. Hasil respon siswa menunjukkan bahwa media powerpoint interaktif efektif digunakan untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa, hal ini didukung oleh hasil data yang diperoleh melalui angket respon siswa yang menunjukkan persentase respon siswa secara keseluruhan sebesar 87% dengan kategori sangat kuat (sangat baik). Media powerpoint interaktif dapat dijadikan media pembelajaran yang efektif dan efisien dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika. Penggunaan media belajar powerpoint interaktif ini diharapkan agar guru tidak hanya fokus pada media saja, tatapi guru harus fokus juga pada pengembangan materi, strategi dalam menyampaikan materi, mengelola kelas, serta metode yang digunakan dalam proses pembelajaran, supaya siswa lebih antusias dan mampu berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.

ABSTRACT
Cindy Putri Amanda. 2024, Using Interactive Powerpoint Learning Media to Increase Student Interest in Learning and Cognitive Learning Outcomes in Class IV Mathematics Subjects at SD Negeri 10 Kenerak for the 2024/2025 Academic Year. Thesis, PGSDSTKIP Persada Khatulistiwa Sintang Study Program Supervisor I: Thomas Joni Verawanto Aristo, M.Pd Supervisor II: Gabriel Serani, S.S., M.Hum.

Keywords: Interactive Powerpoint Media; Interest in Learning; Cognitive Learning Results

This research was motivated by the low interest in learning and cognitive learning outcomes of students in fourth grade mathematics subjects. The aim of this research is to determine the increase in students' interest in learning and cognitive learning outcomes in class IV mathematics subjects at SDN 10 Kenerak for the 2024/2025 academic year. This research method uses a mixed method. Data collection tools include observation sheets, questionnaires, test questions and documentation. Data analysis includes four, namely data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on the research obtained in the first cycle, student learning outcomes were 33% complete and in cycle II the learning outcomes were 100% complete. This increase was due to the large amount of student activity which indicated that students were improving well through the learning media used in the learning process. Based on the results of the questionnaire, students' interest in learning increased from negative statements to positive statements. The results of student responses show that interactive PowerPoint media is effectively used to increase student interest and learning outcomes. This is supported by the results of data obtained through student response questionnaires which show the overall percentage of student responses is 87% with the category of strongly agree (very good). Interactive PowerPoint media can be used as an effective and efficient learning medium in learning, especially in mathematics subjects. It is hoped that the use of interactive PowerPoint learning media will ensure that teachers do not only focus on the media, but teachers must also focus on developing the material, strategies for delivering the material, managing the class, as well as the methods used in the learning process, so that students are more enthusiastic and able to participate actively in the learning process. Learning Activities.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Cindy Putri Amanda
Date Deposited: 11 Sep 2025 00:40
Last Modified: 11 Sep 2025 00:40
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1599

Actions (login required)

View Item
View Item