PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA MATA PELAJARAN IPAS BERBASIS GAMBAR PADA KELAS IV DI SD NEGERI 14 BATU AMPAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Kristina Mayang, Mayang (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA MATA PELAJARAN IPAS BERBASIS GAMBAR PADA KELAS IV DI SD NEGERI 14 BATU AMPAR TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of PGSD_2011061830_Chapter 1.pdf] Text
PGSD_2011061830_Chapter 1.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of PGSD_2011061830_Chafter 2.pdf] Text
PGSD_2011061830_Chafter 2.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of PGSD_2011061830_Chapter 3.pdf] Text
PGSD_2011061830_Chapter 3.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of PGSD_2011061830_Chapter 4.pdf] Text
PGSD_2011061830_Chapter 4.pdf

Download (815kB)
[thumbnail of PGSD_2011061830_Chapter 5.pdf] Text
PGSD_2011061830_Chapter 5.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of PGSD_2011061830_Appendix.pdf] Text
PGSD_2011061830_Appendix.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PGSD_2011061830_Kristina Mayang.pdf] Text
PGSD_2011061830_Kristina Mayang.pdf

Download (1MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah media pembelajaran ular tangga. Media tersebut sangat baik untuk membangun keaktifan komunikasi guru dan siswa. Namun, kenyataanya guru masih banyak yang belum menggunakan buku lembar kerja siswa dan paket saja membuat pembelajaran terkesan monoton dan kurang menarik minat siswa. Media pembelajaran yang akan digunakan guru harus sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa.Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui kelayakan media pembelajaran ular tangga mata pelajaran IPAS berbasis gambar dikelas IV SDN 14 Batu Ampar (2) Mengetahui pengembangan media pembelajaran ular tangga mata pelajaran IPAS berbasis gambardikelas IV SDN 14 Batu Ampar. Bentuk penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) karena penelitian tersebut untuk menghasilkan sebuah produk media. Metode penelitian dan pengembangan ini mengadopsi dari model pengembangan ADDIE (Analize, Design, Develop, Implement, Evaluate). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi.Berdasarkan penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan menghasilkan: (1) produk media permainan ular tangga berbasis gambar yang memiliki beberapa komponen yaitu buku pedoman, dadu, miniatur pemain,dan pertanyaan. Hasil validasi produk mendapatkan kriteria valid dengan nilai dari validator ahli materi 100%, validator ahli media 92,5% validator ahli pembelajaran 87,5%. Hasil persentase tersebut dikategorikan valid sehingga media dapat diujicobakan. (2) Presentase respon siswa 98,25% sehingga media permainan ular tangga berbasis gambar dapat dikategorikan sangat positif dan dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran kelas IV. Penelitian ini diharapkan jadi referensi dalam pengembangan media pembelajaran ular tangga dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran tematik yang relavan di lingkungan kampus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Kristina Mayang
Date Deposited: 09 Sep 2025 09:02
Last Modified: 09 Sep 2025 09:02
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1574

Actions (login required)

View Item
View Item