Marsianus Catur Luxsino, Catur (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI “BERTUKAR ATAU MEMBAYAR” DI KELAS IV SD NEGERI 16 PAOH. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of PGSD_2011061796_Chapter1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061796_Chapter1.pdf
Download (238kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061796_Chapter2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061796_Chapter2.pdf
Download (301kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061796_Marsianus Catur Luxsino.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061796_Marsianus Catur Luxsino.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PGSD_2011061796_Chapter3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061796_Chapter3.pdf
Download (366kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061796_Chapter5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061796_Chapter5.pdf
Download (221kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061796_Chapter4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061796_Chapter4.pdf
Download (862kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061796_Appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061796_Appendix.pdf
Download (4MB)
![[thumbnail of PGSD_2011061796_US_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061796_US_TA.pdf
Download (422kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061796_BAS_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061796_BAS_TA.pdf
Download (592kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061796_SKS_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061796_SKS_TA.pdf
Download (974kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061796_BAS_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061796_BAS_TA.pdf
Download (592kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061796_SKU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061796_SKU_TA.pdf
Download (886kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061796_UU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061796_UU_TA.pdf
Download (265kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru kesulitan dalam memberikan bahan ajar yang interaktif khususnya pada siswa kelas tinggi, guru biasanya menggunakan bahan ajar yang hanya mengandalkan buku paket saja. Alternatif mengatasi masalah yaitu dengan menggunakan bahan ajar berbasis multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif dalam meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia khususnya pada materi “ Bertukar atau Membayar” menggunakan metode penelitian R&D (Research and development) dengan model ADDIE, yaitu (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV Sekolah Dasar Negeri 16 Paoh dengan jumlah keseluruhan 25 orang. Teknik Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Alat pengumpulan data yang digunakan angket respon siswa, soal pretest-postest. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kelayakan bahan ajar multimedia interaktif berdasarkan validasi ahli media oleh dosen komputer memperoleh rata-rata presentase 96% dengan kriteria sangat Layak , dan berdasarkan validasi media oleh guru memperoleh rata-rata presentase 96% dengan kriteria sangat layak, kemudian perolehan rata -rata presentase hasil validasi ahli materi oleh dosen PGSD memperoleh rata-rata presentase 80% dengan kriteria layak dan hasil validasi materi oleh guru memperoleh rata-rata presentase 95% dengan kriteria sangat layak. 2) Hasil kepraktisan Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif diperoleh dari hasil angket tanggapan siswa memperoleh nilai 90,44% dengan kriteria sangat praktis. 3) Hasil kefetifan belajar siswa dilihat dari nilai N-Gain memperoleh nilai rata-rata 56,47% dengan kategori “Sedang” dan tafsifan efektivitas N-Gain “Cukup Efektif”, dapat disimpukan bahwa secara umum pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif dalam meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia cukup efektif digunakan. Peneltian ini diharapkan dapat membantu guru, siswa, sekolah dalam memberikan alternatif pembelajaran yang efektif bagi guru untuk di terapkan pada proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Marsianus Catur Luxsino |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 09:01 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 09:01 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1572 |