Yopita, Yessi (2025) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA/I KELAS VII SMP NEGERI 3 SUNGAI TEBELIAN KABUPATEN SINTANG TAHUN 2024/2025. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of PBSI_2117041564_Tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_2117041564_Tittle.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of PBSI_2117041564_Chapter 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_2117041564_Chapter 1.pdf
Download (315kB)
![[thumbnail of PBSI_2117041564_Chapter 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_2117041564_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (368kB)
![[thumbnail of PBSI_2117041564_Chapter 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_2117041564_Chapter 3.pdf
Download (552kB)
![[thumbnail of PBSI_2117041564_Chapter 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_2117041564_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (372kB)
![[thumbnail of PBSI_2117041564_Chapter 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_2117041564_Chapter 5.pdf
Download (190kB)
![[thumbnail of PBSI_2117041564_Appendix..pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_2117041564_Appendix..pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
![[thumbnail of PBSI_2117041564_BAU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_2117041564_BAU_TA.pdf
Download (648kB)
![[thumbnail of PBSI_2117041564_SKU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_2117041564_SKU_TA.pdf
Download (918kB)
![[thumbnail of PBSI_2117041564_US_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_2117041564_US_TA.pdf
Download (468kB)
![[thumbnail of PBSI_2117041564_UU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_2117041564_UU_TA.pdf
Download (447kB)
![[thumbnail of PBSI_ 2117041564_BAS_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_ 2117041564_BAS_TA.pdf
Download (543kB)
![[thumbnail of PBSI_2117041564 SK.PEMBIMBING TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PBSI_2117041564 SK.PEMBIMBING TA.pdf
Download (1MB)
Abstract
Yovita Yessi. 2025, Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa/I Kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Tebelian Kabupaten Sintang Tahun Ajaran 2024/2025. Tugas Akhir, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Valentinus Ola Beding S.S.,M.Pd.,Pembimbing II. Evi Fitrianingrum M.Pd.
Kata kunci: Metode Diskusi, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Siswa/I SMP
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode diskusi terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa/I kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Tebelian Tahun Ajaran 2024/2025.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen (31 siswa) dan VII B sebagai kelas kontrol (30 siswa).Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar (pre-test dan post-test) serta lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan partisipasi aktif siswa di kelas eksperimen setelah penerapan metode diskusi. Nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen adalah 65,65 dan meningkat menjadi 85,32 pada post-test. Sedangkan kelas kontrol meningkat dari 66,00 menjadi 74,25.Uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov menunjukkan data berdistribusi normal (kelas eksperimen p = 0,18 dan kelas kontrol p = 0,16 ). Uji homogenitas menggunakan Levene’s Test menunjukkan data homogen (p = 0,84> 0,05). Hasil uji t-test independen terhadap nilai post-test menunjukkan nilai signifikansi 0,00< 0,05, yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kedua kelas. Uji t-test berpasangan pada kelas eksperimen juga menunjukkan peningkatan signifikan (p = 0,00).Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode diskusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Metode ini terbukti mampu meningkatkan pemahaman konsep, berpikir kritis, dan partisipasi aktif siswa selama proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dan dasar bagi penelitian-penelitian selanjutnya yang ingin mengkaji lebih dalam mengenai efektivitas metode diskusi dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Yovita Yessi |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 09:01 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 09:01 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1550 |