Gisel, Gisela (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS GUIDED INQUIRY (INKUIRI TERBIMBING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 09 SINTANG. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of PGSD_ 2011061826_Tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_ 2011061826_Tittle.pdf
Download (592kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061826_Chapter 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061826_Chapter 1.pdf
Download (196kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061826_Chapter 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061826_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (269kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061826_Chapter 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061826_Chapter 3.pdf
Download (326kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061826_Chapter 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061826_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (681kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061826_Chapter 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061826_Chapter 5.pdf
Download (179kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061826_Appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061826_Appendix.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of PGSD- 2011061826_BAS_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD- 2011061826_BAS_TA.pdf
Download (136kB)
![[thumbnail of PGSD_ 2011061826_BAU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_ 2011061826_BAU_TA.pdf
Download (138kB)
![[thumbnail of PGSD_ 2011061826_SKS_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_ 2011061826_SKS_TA.pdf
Download (220kB)
![[thumbnail of PGSD_ 2011061826_SKU_TA.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_ 2011061826_SKU_TA.pdf
Download (217kB)
Abstract
Nafratilova, Gisela Farla. 2024. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Guided Inquiry (Inkuiri Terbimbing) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN 09 Sintang. Skripsi, Program Studi PGSD STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Nelly Wedyawati, S.Si., M.Pd., Pembimbing II: Thomas Joni Verawanto Aristo, M.Pd.
Kata Kunci: LKPD, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru dan peserta didik belum pernah menggunakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada pembelajaran IPAS, mengetahui keefektifan LKPD, dan mengetahui respon peserta didik serta guru terhadap LKPD. Penelitian ini adalah pengembangan model ADDIEdengan desain uji coba quasi eksperiment design dan subjek uji coba adalah peserta didik kelas IV SDN 09 Sintang dan SDN 07 Sintang yang berjumlah 108 orang. Alat pengumpulan data adalah lembar validasi ahli, lembar angket respon peserta didik dan guru, soal tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data, yaitu analisis data penelitian pakar, analisis respon peserta didik dan guru, analisis uji coba instrumen, dan analisis hasil tes. Hasil penelitian (1) Kelayakan media oleh pakar media 76,5% (layak) dan pakar materi 85,8% (sangat layak). (2) Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar skala terbatas pada pretest-posttest kelas eksperimen sebesar 34,95 dan kelas kontrol sebesar 21,96. Peningkatan nilai rata-rata hasil belajar skala luas pada pretest-posttest kelas eksperimen sebesar 50,7 dan kelas kontrol sebesar 31,72. Analisis efektivitas produk 78,7% (efektif). (3) Respon peserta didik skala terbatas 80,7% (baik) dan respon guru 88,8% (baik). Respon peserta didik skala luas 90,6% (sangat baik) dan respon guru 94,4% (sangat baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing layak dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Harapannya guru dapat memberikan LKPD berbasis inkuiri terbimbing kepada peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Gisela Farla Nafratilova |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 07:19 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 07:19 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1521 |