ELSA, ELSAE (2024) STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SDN 03 RANYAI HILIR. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of PGSD_2011061759_Tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061759_Tittle.pdf
Download (427kB)
![[thumbnail of PDSD_2011061759_Chapter 1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PDSD_2011061759_Chapter 1.pdf
Download (193kB)
![[thumbnail of PDSD_2011061759_Chapter 2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PDSD_2011061759_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (270kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061759_Chapter 3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061759_Chapter 3.pdf
Download (195kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061759_Chapter 4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061759_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (274kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061759_Chapter 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061759_Chapter 5.pdf
Download (97kB)
![[thumbnail of PGSD_2011061759_appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PGSD_2011061759_appendix.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Elsa, 2024. Strategi guru dalam pembentukan profil pelajar pancasila pada mata
pelajaran PKN di kelas IV SDN 03 Ranyai Hilir. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.
Pembimbing I: Mardawarni, M.Pd Pembimbing II: Dominikus Riki Yonda, M.Pd.
Kata Kunci: Strategi Guru, Profil Pelajar Pancasila
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Strategi guru dalam
pembentukan profil pelajar pancasila pada mata pelajaran PKN. 2) Faktor yang
mempengaruhi guru dalam pembentukan profil pelajar pancasila 3) Strategi guru
mengatasi kendala dalam pembentukan profil pelajar pancasila. Subjek penelitian
berjumlah 11 orang terdiri dari 1 wali kelas dan 10 orang siswa. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk deskriptif. Teknik
pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah interactive model dari
Milles Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru dalam
pembentukan profil pelajar pancasila yaitu: Strategi yang digunakan di SDN 03
Ranyai Hilir yaitu strategi pembelajaran aktif. Didalam pembentukan profil
pelajar pancasila guru memberikan pemahaman, melakukan pembiasaan,
memberikan keteladan, memberikan hukuman, dan memberikan refleksi. 2)
Faktor yang mempengaruhi guru dalam pembentukan profil pelajar pancasila
yaitu: Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi guru dalam pembentukan
profil pelajar pancasila di SDN 03 Ranyai Hilir seperti: a. Keterbatasan guru
dalam merancang modul ajar yang efektif, b. Keterbatasa waktu kegiatan belajar
mengajar (KBM), c. Keterbatasan guru dalam menggunakan iptek, d. Kurangnya
minat siswa pada mata pelajaran. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SDN
03 Ranyai Hilir menunjukkan bahwa guru sudah mampu mengatasi ke 4 faktor
yang mempengaruhi pembentukan profil pelajar pancasila. 3) Strategi guru
mengatasi kendala dalam pembentukan profil pelajar pancasila yaitu: guru
memperhatikan kondisi perkembangan fisik dan mental siswa, membantu siswa
mengembangkan sifat-sifat rasa percaya diri dan saling menghargai, memperbaiki
kondisi dan memberikan motivasi pada siswa, menciptakan kesempatan belajar
yang lebih baik bagi siswa, dan memberikan rangsangan belajar sebanyak mungkin.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Elsa EL |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 07:17 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 07:17 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1503 |