MARTINUS, VIENSIUS MERAYANG (2024) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN DISCOVERY LEARNING MODEL BERBANTUAN LKS DI KELAS VIII SMPN 10 SATAP KETUNGAU TENGAH. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of mtk_190210020_tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
mtk_190210020_tittle.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of mtk_190210020_chapter1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
mtk_190210020_chapter1.pdf
Download (442kB)
![[thumbnail of mtk_190210020_chapter2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
mtk_190210020_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (976kB)
![[thumbnail of mtk_190210020_chapter3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
mtk_190210020_chapter3.pdf
Download (738kB)
![[thumbnail of mtk_190210020_chapter4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
mtk_190210020_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of 5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5.pdf
Download (234kB)
![[thumbnail of mtk_190210020_appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
mtk_190210020_appendix.pdf
Download (23MB)
Abstract
Martinus Viensius Merayang. 2023. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Menggunakan Discovery Learning Model Berbantuan LKS Di Kelas VIII SMPN 10 Satap Ketungau Tengah. Pembimbing I: Beni Setiawan, M.Pd., Pembimbing II: Nurapni Sopia,M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar. Discovery Learning Model Berbantuan LKS
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 10 Satap Ketungau Tengah yang rendah. Penerapan Discovery Learning Model berbantuan LKS merupakan salah satu alternatif penelitian yang digunakan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan discovery learning model untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 10 Satap Ketungau Tengah, mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan discovery learning model berbantuan LKS di kelas VIII SMP Negeri 10 Satap Ketungau Tengah, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan LKS dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 10 Satap Ketungau Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, Lembar Kerja Siswa, soal tes, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan discovery learning model berbantuan LKS sangat baik sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan discovery learning model berbantuan LKS sebesar 15,23 kategori baik sekali yaitu dari rata- rata nilai siswa 65,58 pada siklus I menjadi 80,81 pada siklus II, dan respon siswa terhadap penerapan Discovery Learning Modeladalah positif dengan kategori baikDengan demikian, penerapan discovery learning model berbantuan LKS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Satap Ketungau Tengah pada materi bangun ruang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 03:10 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 03:10 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1483 |