Rupinus, Isa (2023) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA SISWA SMA NEGERI 4 SINTANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of MATEMATIKA_190210025_tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_190210025_tittle.pdf
Download (949kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_190210025_chapter1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_190210025_chapter1.pdf
Download (538kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_190210025_chapter2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_190210025_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (244kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_190210025_chapter3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_190210025_chapter3.pdf
Download (612kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_190210025_chapter4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_190210025_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (520kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_190210025_chapter5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_190210025_chapter5.pdf
Download (181kB)
![[thumbnail of MATEMATIKA_190210025_appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
MATEMATIKA_190210025_appendix.pdf
Download (12MB)
Abstract
Rupinus Isa, 2023. “Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Guided Discovery Pada Siswa SMA Negeri 4 Sintang Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi: Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing 1 : Melinda Rismawati, M.Pd. Pembimbing II : Nurapni Sopia, M.Pd. Kata kunci: Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Guided Discovery.
Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Guided Discovery dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis dan hasil belajar siswa kelas XI A SMA Negeri 4 Sintang Tahun Pelajaran 2023/2024. Mendeskripsikan aktivitas siswa belajar siswa menggunakan model pembelajaran Guided Discovery siswa kelas XI A SMA Negeri 4 Sintang Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode penelitian adalah kualitatif dan bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi, lembar soal tes, angket respon siswa, teknik dokumen. Subjek penelitian kelas XI A SMA Negeri 4 Sintang yang berjumlah 32 orang. Hasil penelitian dapat ditemukan (1) model pembelajaran Guided Discovery dapat diterapkan dalam meningkatakn pemahaman konsep dan hasil belajar siswa. (2) Peningkatan pemahaman konsep melalui model pembelajaran Guided Discovery pada siswa SMA Negeri 4 Sintang dapat dikatakan baik dan mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pada siklus I Pertemuan I sebesar 53% pertemuan II sebesar 63% sedangkan pada siklus II pertemuan I sebesar 100% dan Pertemuan II sebesar 100%. Mengalami peningkatan dari siklus I Pertemuan I ke siklus II Pertemuan I sebesar 47%. Pada Siklus I Pertemuan II dan Siklus II Pertemuan II mengalami Peningkatan sebesar 37 %. Respon siswa terhadap model pembelajarn Guided Discovery dari siklus I dengan rata-rata sebesar 65% dengan kategori baik sedangkan pada siklus II sebesar 75,93% dan mengalami peningkatan dari siklus I ke Siklus II sebesar 10,93%. Dengan respon siswa terhadap model pembelajaran Guided Discovery dikatakan positif dan siswa sangat senang dan antusias terhadap model pembelajaran yang diterapkan pada siswa kelas XI A SMA Negeri 4 Sintang tahun pelejaran 2023/2024 mengalami peningkatan pada pemahaman konsep dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 25 Jun 2025 02:44 |
Last Modified: | 25 Jun 2025 02:44 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1480 |