SANTO, PETRUS (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP PANCA SETYA 2 SINTANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of EKONOMI_1814031207_tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
EKONOMI_1814031207_tittle.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of EKONOMI_1814031207_chapter1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
EKONOMI_1814031207_chapter1.pdf
Download (327kB)
![[thumbnail of EKONOMI_1814031207_chapter2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
EKONOMI_1814031207_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (602kB)
![[thumbnail of EKONOMI_1814031207_chapter3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
EKONOMI_1814031207_chapter3.pdf
Download (798kB)
![[thumbnail of EKONOMI_1814031207_chapter4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
EKONOMI_1814031207_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of EKONOMI_1814031207_chapter5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
EKONOMI_1814031207_chapter5.pdf
Download (206kB)
![[thumbnail of EKONOMI_1814031207_appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
EKONOMI_1814031207_appendix.pdf
Download (7MB)
Abstract
Santo Petrus. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VIII SMP Panca Setya 2 Sintang Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: YuliaSuriyanti, M.Pd., Pembimbing II: Dessy Triana Relita, M.Pd.Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, UlarTangga, IPS Terpadu Dalam proses pembelajaran, media sebagai penunjang pembelajaran dapat menentukan keberhasilan dalam penguasan materi yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana langkah-langkah mengembangkan media pembelajaran Ular Tangga pada mata pelajaran IPS pada kelas VIII di SMP Panca Setya 2 Sintang Tahun Pelajaran 2022/2023, (2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran Ular Tangga yang digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS pada kelas VIII di SMP PancaSetya 2 Sintang dengan menggunakan media Ular Tangga berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran serta tanggapan siswa. Pendekatan penelitian Reseacrh and Development menggunakan model ADDIE tahapan sebagai berikut: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Bentuk penelitian Eksperiment Design eksperimen subjek tunggal (weak experimental). Teknik penentuan sampel purposive sampling dengan jumlah sampel 25 siswa. Alat pengumpulan data lembar angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran ular tangga pada mata pelajaran IPS untuk siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran ular tangga sebagai berikut. (1) Kelayakan media oleh ahli media skor rata-rata 4,5 kategori sangat baik. Kelayakan materi oleh ahli materi skor rata-rata 5 kategori sangat baik. Kelayakan praktisi pembelajaran oleh praktisi pembelajaran skor rata-rata 4,9 kategori sangat baik, dinyatakan kriteria sangat layak dapat di ujicobakan kepada siswa. (2) Hasil angket siswa uji coba skala terbatas sebesar 97%. Hasil angket siswa uji coba skala luas sebesar 86%. Hasil angket tanggapan guru mata pelajaran sebesar 95%. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa media pembelajaran Ular Tangga sangat membantu dalam proses belajar mengajar sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 02:26 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 02:26 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1475 |