PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DENGAN METODE TEKS BERJALAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUHAID TAHUN PELAJARAN 2021/2022

WIDHI, SEPTIANI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DENGAN METODE TEKS BERJALAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUHAID TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of BAHASA INDONESIA_1713041444_tittle.pdf] Text
BAHASA INDONESIA_1713041444_tittle.pdf

Download (832kB)
[thumbnail of BAHASA INDONESIA_1713041444_chapter1.pdf] Text
BAHASA INDONESIA_1713041444_chapter1.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of BAHASA INDONESIA_1713041444_chapter2.pdf] Text
BAHASA INDONESIA_1713041444_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[thumbnail of BAHASA INDONESIA_1713041444_chapter3.pdf] Text
BAHASA INDONESIA_1713041444_chapter3.pdf

Download (495kB)
[thumbnail of BAHASA INDONESIA_1713041444_chapter4.pdf] Text
BAHASA INDONESIA_1713041444_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[thumbnail of BAHASA INDONESIA_1713041444_chapter5.pdf] Text
BAHASA INDONESIA_1713041444_chapter5.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of BAHASA INDONESIA_1713041444_appendix.pdf] Text
BAHASA INDONESIA_1713041444_appendix.pdf

Download (6MB)

Abstract

Widhi Septiani,2022.Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat dengan Metode Teks Berjalan (Marquee) Siswa Kelas XI SMA Negeri 01 Suhaid Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.Pembimbing I: Dr.Yusuf Olang, M. Pd.; Pembimbing II:Debora Korining Tyas, M. Pd.Kata kunci: Membaca cepat, Metode teks berjalan Fokus masalah penelitian ini adalah penggunaan metode teks berjalan dalam Peningkatan kemampuan membaca cepat, dan Respon Siswa terhadap Penggunaan metode teks berjalan. Pada penelitian siklus I, kecepatan membaca siswa meningkat 36 atau 17% menjadi 246 kpm. Pada penelitian siklus II, hasil tes kecepatan membaca siswa meningkat 12 atau 5% menjadi 258 kpm. Pada tahap prasiklus, rerata klasikal hasil pemahaman ide pokok siswa kelas XI adalah 59. Pada siklus I, rerata klasikal pemahaman ide pokok siswa kelas XI meningkat 10 atau 17% menjadi 69. Pada siklus II, rerata klasikal kecepatan membaca siswa kelas XI meningkat 13 atau 19% menjadi 82. Pada tahap prasiklus, rerata klasikal hasil pemahaman simpulan bacaan siswa kelas XI adalah 56. Pada siklus I, rerata klasikal pemahaman simpulan bacaan siswa kelas XI meningkat 13 atau 23% menjadi 69. Pada siklus II, rerata klasikal pemahaman simpulan bacaan meningkat 10 atau 15% menjadi 79. Pada tahap prasiklus, rerata klasikal hasil kecepatan efektif membaca siswa kelas XI adalah 121 kpm. Pada siklus I, rerata klasikal kecepatan efektif membaca siswa kelas XI meningkat 50 atau 41% menjadi 171 kpm. Pada siklus II, rerata klasikal kecepatan efektif membaca siswa kelas XI meningkat 31 atau 18% menjadi 202 kpm. keaktifan dan keantusiasan siswa dalam mengikuti pembelajaran membaca cepat 250 kpm dengan menggunakan metode teks berjalan.Proses pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan metode teks berjalan telah dilaksanakan dengan baik dapat meningkatkan keterampilan membaca cepat siswa kelas XI SMA N 01 Suhaid, dan terjadi perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 16 Jun 2025 01:33
Last Modified: 16 Jun 2025 01:33
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1368

Actions (login required)

View Item
View Item