ARATOLOGI DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KUMPULAN CERITA RAKYAT PADA SUKU DAYAK TABUN, DESA SUNGAI ANTU HULU, KECAMATAN BELITANG HULU, KABUPATEN SEKADAU i (PERSPEKTIF VLADIMIR PROPP)

Emilia, yuna (2022) ARATOLOGI DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER KUMPULAN CERITA RAKYAT PADA SUKU DAYAK TABUN, DESA SUNGAI ANTU HULU, KECAMATAN BELITANG HULU, KABUPATEN SEKADAU i (PERSPEKTIF VLADIMIR PROPP). Skripsi thesis, STKIP Persada Katulistiwa.

[thumbnail of bahasa indonesia_1814041455_tittle.pdf] Text
bahasa indonesia_1814041455_tittle.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of bahasa indonesia_1814041455_chapter1.pdf] Text
bahasa indonesia_1814041455_chapter1.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of bahasa indonesia_1814041455_chapter2.pdf] Text
bahasa indonesia_1814041455_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[thumbnail of bahasa indonesia_1814041455_chapter3.pdf] Text
bahasa indonesia_1814041455_chapter3.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of bahasa indonesia_1814041455_chapter4.pdf] Text
bahasa indonesia_1814041455_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of bahasa indonesia_1814041455_chapter5.pdf] Text
bahasa indonesia_1814041455_chapter5.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of bahasa indonesia_1814041455_appendix.pdf] Text
bahasa indonesia_1814041455_appendix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Emelia Yuna. 2022, Naratologi dan Nilai Pendidikan Karakter Kumpulan Cerita Rakyat pada Suku Dayak ITabun, IDesa Sungai Antu Hulu, Kecamatan IBelitang
Hulu, Kabupaten Sekadau (Perspektif Vladimir Propp). Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.
Pembimbing I: Yudita Susanti, S.S., M.Pd., Pembimbing II: Sri Astuti, S.S., M.Pd. Kata kunci : Naratologi, Nilai Pendidikan Karakter, Cerita Rakyat
Penelitian iniiuntuk mengangkat ikembali icerita rakyat yang sudah imulai menghilang. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan inaratologi kumpulan
cerita rakyat pada suku iDayak Tabun, dengan pendekatan perspektif Vladimir Propp dan nilai pendidikan karakter. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian
iini adalah ipendekatan ikualitatif dengan metode deskriftif. Hasil penelitian pada cerita Apai Aloi Jadi Raja terdapat 19 fungsi dengan skema: α) : βγΔηθAaC↑DE GHI↓TW(X), cerita Keling Jadi Ke Rusa terdiri dari 9 fungsi dengan skema : (α) : βγAB↓TW(X), cerita Bujang Beji terdiri dari 11 fungsi dengan skema : (α) : βγΔ εA↑EGHRs, cerita Runtuk Dua But terdiri dari 8 fungsi dengan skema : (α) : β η θ ↑↓MN, cerita Kumang Anak Buai terdiri dari 7 fungsi dengan skema : (α) : βεA↓ W(X), cerita Keling Makai Arang terdiri dari 7 fungsi dengan skema : (α) : β↑G↓ W(X), cerita Bulu Entimuk Midup Kelik terdiri dari 9 fungsi, (α) : βγΔηθAa↓, cerita Bujang Seligi terdiri dari 18 dengan skema : (α) : βγAaBC↑EHI↓OM QTW(X), cerita Pelanduk Ngemulak Ke Remaung terdiri dari 13 fungsi dengan skema : (α) : βηABCDEHI↓RsN, dan cerita Mambang Bintang terdiri dari 10 fungsi dengan skema : (α) : βγΔAa↓. Nilai pendidikan karakter yang muncul kumpulan cerita rakyat pada suku Dayak Tabun, yaitu jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab. Penerapan teori naratologi Vladimir Propp dan nilai pendidikan karakter, memberikan pengetahuan dan pengalaman tentang fungsi cerita menjadi lebih jelas. Penelitian ini dapat diimpelmentasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X dengan Kompetensi Dasar 3.7, yaitu mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 16 Jun 2025 01:23
Last Modified: 16 Jun 2025 01:23
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1367

Actions (login required)

View Item
View Item