META-ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA

RITA PURNAMA, SARI (2021) META-ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of BIOLOGI_1511051353_tittle.pdf] Text
BIOLOGI_1511051353_tittle.pdf

Download (959kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1511051353_chapter1.pdf] Text
BIOLOGI_1511051353_chapter1.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1511051353_chapter2.pdf] Text
BIOLOGI_1511051353_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1511051353_chapter3.pdf] Text
BIOLOGI_1511051353_chapter3.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1511051353_chapter4.pdf] Text
BIOLOGI_1511051353_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1511051353_chapter5.pdf] Text
BIOLOGI_1511051353_chapter5.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1511051353_appendix.pdf] Text
BIOLOGI_1511051353_appendix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rita Purnama Sari. 2021. Meta-Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Pembelajaran IPA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Didin Syafruddin, S.P., M.Si, Pembimbing II: Hendrikus Julung, M.Pd Kata Kunci: Meta-Analisis, Discovery Learning, Keterampilan Bertanya, Hasil Belajar Kognitif Siswa Hasil belajar merupakan perolehan nilai dari proses belajar mengajar di kelas. Proses belajar di dalam kelas menekankan kepada siswa untuk lebih aktif dalam berkomunikasi untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam proses pembelajaran, salah satu kecakapan dalam berkomunikasi, yaitu keterampilan siswa dalam bertanya. Keterampilan bertanya siswa tersebut perlu dibimbing oleh guru supaya lebih baik dan maksimal dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Discovery Learning memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan konsepnya sendiri dengan lebih baik sehingga cocok digunakan dijenjang pendidikan SMP dan SMA karena mengarah pada kegiatan praktikum dan diskusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan bertanya dan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode penelitian metode survei, dan bentuk penelitian studi meta analisis. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas 9 publikasi ilmiah artikel dan skripsi. Instrumen berupa lembar kode (coding) kategori pada artikel. Hasil penelitian berdasarkan jenjang pendidikan tingkat SMP dan SMA dengan kategori effect size, masing-masing diperoleh 1,09 dengan kategori efek tinggi dan 1,15 dengan kategori efek sangat tinggi. Berdasarkan variabel keterampilan bertanya 0,15 dengan kategori efek kecil, dan hasil belajar kognitif 1,25 dengan kategori efek yang sangat tinggi. Disimpulkan efektivitas model pembelajaran discovery learning lebih berpengaruh pada jenjang pendidikan SMA daripada jenjang SMP. Sedangkan dari aspek variabel terikat hasil belajar kognitif siswa siswa lebih berpengaruh dari pada keterampilan bertanya siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 13 Jun 2025 07:58
Last Modified: 13 Jun 2025 07:58
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1359

Actions (login required)

View Item
View Item