RISA, YANISIA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SAYAN. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of BIOLOGI_1713051418_tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1713051418_tittle.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1713051418_chapter1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1713051418_chapter1.pdf
Download (237kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1713051418_chapter2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1713051418_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (611kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1713051418_chapter3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1713051418_chapter3.pdf
Download (465kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1713051418_chapter4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1713051418_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (484kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1713051418_chapter5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1713051418_chapter5.pdf
Download (326kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1713051418_appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1713051418_appendix.pdf
Download (4MB)
Abstract
Risa Yanisia. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sayan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I : Dr. Yakobus Bustami, S.Si.,M.Pd., Pembimbing II : Markus Iyus Supiandi, M.Pd Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), Media Question Card, Hasil Belajar Kognitif, Sistem Ekskresi Hasil belajar kognitif merupakan salah satu indikator yang diukur dalam proses pembelajaran, namun masih banyak ditemukan hasil belajar kognitif yang di bawah KKM. Hasil belajar kognitif yang belum maksimal dapat diatasi dengan cara menerapkan model maupun media pembelajaran yang kreatif yang mampu melibatkan siswa secara aktif untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Model pembelajaran tersebut adalah model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Question Card. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sayan. Pendekatan dalam penelitian ini berupa pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sayan terdiri dari 45 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, dan diketahui siswa kelas VIII A yang berjumlah 22 siswa dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B yang berjumlah 23 siswa dijadikan sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, teknik pengukuran dan teknik komunikasi tidak langsung. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, soal tes dan angket. Berdasarkan uji hipotesis pada posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,0002 dan α = 0,05. Pengujian hipotesis membuktikan bahwa nilai sig. (2-tailed) < α (0,0002 < 0,05) yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima, yakni terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pengukuran posttest.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 07:50 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 07:50 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1356 |