STUDI META-ANALISIS PENGARUH PENERAPAN MODEL PENCAPAIAN KONSEP (CONCEPT ATTAINMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

TRIYONO, TRIYONO (2021) STUDI META-ANALISIS PENGARUH PENERAPAN MODEL PENCAPAIAN KONSEP (CONCEPT ATTAINMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of BIOLOGI_1612051382_tittle.pdf] Text
BIOLOGI_1612051382_tittle.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BIOLOGI_1612051382_chapter1.pdf] Text
BIOLOGI_1612051382_chapter1.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1612051382_chapter2.pdf] Text
BIOLOGI_1612051382_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1612051382_chapter3.pdf] Text
BIOLOGI_1612051382_chapter3.pdf

Download (463kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1612051382_chapter4.pdf] Text
BIOLOGI_1612051382_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1612051382_chapter5.pdf] Text
BIOLOGI_1612051382_chapter5.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1612051382_appendix.pdf] Text
BIOLOGI_1612051382_appendix.pdf

Download (710kB)

Abstract

Triyono. 2020.Studi meta-analisis pengaruh penerapan model pencapaian konsep (concept attainment) terhadap hasil belajar siswa. Pembimbing I : Dr. Yakobus Bustami, S. Si., M.Pd dan Pembimbing II : Didin Syafruddin, SP., M.Si.
Kata Kunci: Meta Analisis, Model Pencapaian Konsep, Hasil belajar Meta-analisis merupakan suatu teknik statistika yang menggabungkan dua atau lebih penelitian sejenis sehingga diperoleh paduan data secara kuantitatif.Namun, sampai saat ini belum ada penelitian meta-analisis terbaru khususnya mengenai model concept attainmentdalam pembelajaran IPA dan variabel terikat (hasil belajar).Berangkat dari masalah tersebut, Tujuan dari penelitin ini adalah melakukan penelitian meta-analisis jurnal Nasional dan Internasional untuk melihat besar pengaruh penggunaan model concept attainmentuntuk diterapkan secara keseluruhan, dengan judul penelitian “Studi Meta-Analisis Pengaruh Penerapan Pencapaian Konsep (concept attainment) Terhadap Hasil Belajar Siswa”.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan telaah sistematik yang disertai teknik statistik untuk menghitung kesimpulan beberapa hasil penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis besar pengaruh atau effect size. Hasil penelitian ini adalah 1) model pencapaian konsep (concept attainment) memilikinilai rata-rata sebesar 0,4 pada peningkatan n-Gain dengan kategori efek sedang. 2) model pencapaian konsep (concept attainment) pada hasil belajar memiliki nilai effect size sebesar 0,68 dengan kategori efek sedang. Disimpulkan Model pembelajaran Concept Attainment ini dapat digunakan dalam pembelajarn berdasarkan materi dan memberikan suatu cara menyampaikan konsep dan mengklafikasi konsep-konsep melatih siswa menjadi efektif dari pengembangan konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 13 Jun 2025 07:05
Last Modified: 13 Jun 2025 07:05
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1350

Actions (login required)

View Item
View Item