META-ANALISIS KORELASI KETERAMPILAN METAKOGNITIF DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA

TRIKURNIATI WILLI, FEBRIANI (2020) META-ANALISIS KORELASI KETERAMPILAN METAKOGNITIF DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of BIOLOGI_1612051381_tittle.pdf] Text
BIOLOGI_1612051381_tittle.pdf

Download (646kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1612051381_chapter1.pdf] Text
BIOLOGI_1612051381_chapter1.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1612051381_chapter2.pdf] Text
BIOLOGI_1612051381_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1612051381_chapter3.pdf] Text
BIOLOGI_1612051381_chapter3.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1612051381_chapter4.pdf] Text
BIOLOGI_1612051381_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1612051381_chapter5.pdf] Text
BIOLOGI_1612051381_chapter5.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of BIOLOGI_1612051381_appendix.pdf] Text
BIOLOGI_1612051381_appendix.pdf

Download (777kB)

Abstract

Trikurniati Willi Febriani. 2020, Meta-analisis Korelasi Keterampilan Metakognitif dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Dr. Hilarius Jago Duda, S.Si, M.Pd., Pembimbing II: Yuniarti Essi Utami, M.Pd

Kata Kunci: Meta-analisis, Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Kognitif

Penelitian ini dilatar belakangi belum adanya penelitian meta-analsis mengenai korelasi keterampilan metakognitif dengan hasil belajar kognitif siswa. Hasil belajar pada hakekatnya adalah perubahan tingkah laku sebagai hasil dari proses belajar mengajar. Hasil belajar erat kaitannya dengan keterampilan metakognitif. Semakin sering siswa sadar akan proses berpikirnya saat belajar, maka akan semakin dapat mengontrol tujuan, kepribadian, serta perhatiannya. Hal ini tentunya akan berdampak pada keterampilan metakognitif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui estimasi korelasi keterampilan metakognitif dengan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian meta-analisis dan bentuk penelitian meta-analisis korelasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dokumen berupa lembar kode (coding) data pada artikel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas 8 publikasi artikel ilmiah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh korelasi keterampilan metakognitif dengan hasil belajar kognitif siswa secara keseluruhan, dengan p 0,633 berada dalam daerah penerimaan interval kepercayaan 95%, tingkat hubungan termasuk ke dalam kategori kuat. Berdasarkan tingkatan kelas, diperoleh p=0,620 di kelas X, p 0,657 di kelas XI, dengan tingkat hubungan termasuk ke dalam kategori kuat. Berdasarkan materi diperoleh p=0,616 pada materi biologi, p = 0,650 pada materi kimia, dengan tingkat hubungan termasuk ke dalam kategori kuat. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat korelasi keterampilan metakognitif dengan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 13 Jun 2025 03:07
Last Modified: 13 Jun 2025 03:07
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1345

Actions (login required)

View Item
View Item