MITALIVIA, Putri (2021) META-ANALISIS MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PELAJARAN IPA. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.
![[thumbnail of Biologi_1612051368_tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_1612051368_tittle.pdf
Download (941kB)
![[thumbnail of Biologi_1612051368_chapter1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_1612051368_chapter1.pdf
Download (124kB)
![[thumbnail of Biologi_1612051368_chapter2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_1612051368_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (156kB)
![[thumbnail of Biologi_1612051368_chapter3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_1612051368_chapter3.pdf
Download (219kB)
![[thumbnail of Biologi_1612051368_chapter4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_1612051368_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (184kB)
![[thumbnail of Biologi_1612051368_chapter5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_1612051368_chapter5.pdf
Download (43kB)
![[thumbnail of Biologi_1612051368_appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Biologi_1612051368_appendix.pdf
Download (1MB)
Abstract
Putri, Mitalivia. 2021. Meta-Analisis Model Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pelajaran IPA. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing 1: Dr. Hilarius Jago Duda, S.Si., M.Pd. Pembimbing 2: Ibu Yuniarti Essi Utami, M. Pd Kata Kunci : Meta-Analisis, Hasil Belajar Kognitif, Guided Discovery Learning Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari efektivitas model Guided Discovery Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran IPA pada jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Model Guided Discovery Learning dan variabel terikat adalah Hasil Belajar Kognitif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah meta-analisis eksperimen. Sampel yang dianalisis dalam penelitian ini sebanyak 13 artikel publikasi ilmiah berupa jurnal berskala nasional di Indonesia. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan lembaran kode (coding data). Sumber pengumpulan data yang digunakan adalah situs jaringan internet, antara lain seperti Portal Garuda, Google Cendekia, Directory of Open Access Journals (DOAJ), SINTA, Moraref, E-Resource Perpusnas. Teknik analisis data yang digunakan adalah effect size. Hasil penelitian effect size berdasarkan jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebesar 0,83 dengan kategori effect size tinggi. Besar pengaruh effect size pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) yaitu 0,55 dengan kategori sedang. Hasil penelitian effect size hasil belajar kognitif siswa secara keseluruhan yaitu 0,69 dengan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 07:49 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 07:49 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1321 |