Evi, Wijayanti (2021) META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA. Skripsi thesis, STKIP Persada Katulistiwa.
![[thumbnail of BIOLOGI_1410051311_tittle.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1410051311_tittle.pdf
Download (620kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1410051311_chapter1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1410051311_chapter1.pdf
Download (257kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1410051311_chapter2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1410051311_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (210kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1410051311_chapter3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1410051311_chapter3.pdf
Download (356kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1410051311_chapter4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1410051311_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (177kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1410051311_chapter5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1410051311_chapter5.pdf
Download (92kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1410051311_appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1410051311_appendix.pdf
Download (444kB)
Abstract
Evi Wijayanti. 2021. Meta-Analisis Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran IPA. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Didin Syafrudin, SP., M.Si, Pembimbing II: Hendrikus Julung, M.Pd. Kata Kunci: Meta-Analisis, TPS, Hasil Belajar Kognitif. Hasil belajar dapat diartikan sebagai tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi pembelajaran disekolah yang dinyatakan dalam nilai yang diperoleh dari hasil tes mengenai sejumlah materi pembelajaran tertentu untuk mengetahui kemampuan siswa terhadap hasil belajar yang dicapai apakah telah sesuai dengan tujuan yang diharapkan dapat diketahui melalui evaluasi. model pembelajaran kooperatif tipe TPS merupakan suatu cara yang efektif untuk membuat variasi suasana pola diskusi kelas yang membutuhkan pengaturan untuk mengendalikan kelas secara keseluruhan, dan prosedur yang digunakan dalam TPS dapat memberi siswa lebih banyak waktu berpikir, untuk merespon dan saling membantu sehingga cocok digunakan pada jenjang pendidikan SMP dan SMA. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran TPS terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran IPA. Variabel pada penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas "model pembelajaran TPS (Think Pair Share)" dan variabel terikat "hasil belajar kognitif". Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan metode kuantitatif deskritif. Bentuk penelitian yang digunakan yaitu studi meta analisis standardized mean difference (perbedaan rerata yang terstandarisasi). Sampel yang digunakan dalam penelitian terdiri atas 9 artikel publikasi ilmah dengan sampel 1 skripsi dan 8 artikel. Instrumen yang digunakan berupa lembar pemberian kode (coding data) kategori pada artikel. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: 1) model pembelajaran TPS (Think Pair Share) pada mata pelajaran IPA di jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan effect size sebesar 0,37 dengan kategori efek besar, sementara pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) memiliki effect size sebesar 0,4 dengan kategori efek besar. 2) Model pembelajaran TPS (Think Pair Share) pada mata pelajaran IPA berdasarkan hasil belajar kognitif memiliki nilai sebesar 0,45 dengan kategori efek besar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 06:58 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 06:58 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1310 |