KORELASI ANTARA MINAT BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI STRUKTUR TUMBUHAN DIKELAS VIII SMPN 8 SEPAUK

Nayau, Antonius (2021) KORELASI ANTARA MINAT BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI STRUKTUR TUMBUHAN DIKELAS VIII SMPN 8 SEPAUK. Skripsi thesis, STKIP Persada Khatulistiwa.

[thumbnail of Biologi_1612051369_tittle.pdf] Text
Biologi_1612051369_tittle.pdf

Download (957kB)
[thumbnail of Biologi_1612051369_chapter1.pdf] Text
Biologi_1612051369_chapter1.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of Biologi_1612051369_chapter2.pdf] Text
Biologi_1612051369_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)
[thumbnail of Biologi_1612051369_chapter3.pdf] Text
Biologi_1612051369_chapter3.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of Biologi_1612051369_chapter4.pdf] Text
Biologi_1612051369_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[thumbnail of Biologi_1612051369_chapter5.pdf] Text
Biologi_1612051369_chapter5.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of Biologi_1612051369_appendix.pdf] Text
Biologi_1612051369_appendix.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTARK Nayau Antonius, 2021. Korelasi Antara Minat Belajar dan Sikap Ilmiah Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Struktur Tumbuhan di kelas VIII SMPN 8 Sepauk. Pembimbing I: Dr. Hilarius Jago Duda, S.Si, M.Pd Pembimbing II: Hendrikus Julung, M.Pd Kata Kunci: Minat Belajar, Sikap Ilmiah, Hasil Belajar Kognitif Minat merupakan ketertarikan siswa terhadap belajar yang ditunjukkan melalui perhatian, rasa senang, dan keaktifan dalam belajar. Sikap ilmiah Sikap ilmiah merupakan tindakan atau perilaku individu dalam memecahkan suatu masalah dengan langkah-langkah ilmiah. Hasil belajar kognitif adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar dari guru. Tujuan penelitian mengetahui korelasi antara minat belajar dengan hasil belajar kognitif siswa dan mengetahui korelasi antara sikap ilmiah dengan hasil belajar kognitif siswa pada materi struktur tumbuhan di kelas VIII SMP Negeri 8 Sepauk. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, metode penelitian menggunakan metode penelitian korelasional, dan bentuk penelitian menggunakan bentuk penelitian studi hubungan (Interrelationship Studies). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik komunikasi tidak langsung dan teknik komunikasi langsung. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah adalah angket minat belajar, lembar observasi sikap ilmiah dan soal test hasil belajar kognitif. Analisis data menggunakan program SPSS 16.0 dengan uji Non Parametrik rank spearman. Hasil analisis data pada variabel minat belajar dengan hasil belajar kognitif diperoleh angka sebesar 0,903 dan berada pada rentang 0,76-0,99 dengan kriteria kekuatan signifikasi korelasi sangat kuat sehingga hubungannya positif dan signifikan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa semakin tinggi Minat Belajar, maka akan semakin tinggi Hasil Belajar. Hasil penelitian untuk hipotesis kedua menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan cukup signifikan antara Sikap Ilmiah dengan Hasil Belajar Kognitif. Berdasarkan analisis korelasi rank spearman kriteria tingkat kekuatan signifikasi sebesar 0,290 yang berada pada rentang 0,26-0,50 dengan kriteria kekuatan signifikasi korelasi cukup. Hal ini berarti sikap ilmiah memberikan dampak positif terhadap hasil belajar kognitif dan cukup signifikan mempengaruhi peningkatan hasil belajar kognitif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 10 Jun 2025 06:54
Last Modified: 10 Jun 2025 06:54
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1286

Actions (login required)

View Item
View Item