PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 BINJAI HULU

Anastasia, selvi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMA NEGERI 1 BINJAI HULU. Skripsi thesis, STKIP Persada Katulistiwa.

[thumbnail of BIOLOGI_2016051457_tittle.pdf] Text
BIOLOGI_2016051457_tittle.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BIOLOGI_2016051457_chapter1.pdf] Text
BIOLOGI_2016051457_chapter1.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of BIOLOGI_2016051457_chapter2.pdf] Text
BIOLOGI_2016051457_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[thumbnail of BIOLOGI_2016051457_chapter3.pdf] Text
BIOLOGI_2016051457_chapter3.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of BIOLOGI_2016051457_chapter4.pdf] Text
BIOLOGI_2016051457_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[thumbnail of BIOLOGI_2016051457_chapter5.pdf] Text
BIOLOGI_2016051457_chapter5.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of BIOLOGI_2016051457_appendix.pdf] Text
BIOLOGI_2016051457_appendix.pdf

Download (10MB)

Abstract

Anastasia Selvi. 2024, Pengaruh Model Pembelajaran Multiple Intelligence Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing 1: Dr. Adriana Gandasari, M. Pd, Pembimbing 2: Benediktus Ege, M. Pd. Kata Kunci: Multiple Intelligence, Hasil Belajar Kognitif, Berpikir Kreatif, Perubahan Lingkungan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar kognitif dan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan lingkungan kelas X melalui penggunaan model pembelajaran Multiple Intelligence, untuk mendukung proses pembelajaran di kelas sehingga dapat memberikan dampak positif bagi siswa. Penggunaan model pembelajaran Multiple Intelligence dipilih sebagai penunjang pembelajaran karena melalui model ini menjadikan siswa lebih aktif dan terampil selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Multiple Intelligence terhadap hasil belajar kognitif dan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan lingkungan kelas X SMA Negeri 1 Binjai Hulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk penelitian quasi experimental design.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Binjai Hulu dengan sampel yang digunakan sebanyak 60 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan model pembelajaran Multiple Intelligence terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kreatif siswa, hal ini ditunjukan pada hasil belajar kognitif nilai nilai sig. (2-tailed) >α yakni 0,0857 > 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan pada berpikir kreatif diperoleh nilai sig. (2-tailed) >α yakni 0,0675 > 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Multiple Intelligence terhadap hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 10 Jun 2025 02:29
Last Modified: 10 Jun 2025 02:29
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1269

Actions (login required)

View Item
View Item