Alexpius, Doni (2023) PENERAPAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DISERTAI AUTHENTIC ASSESMENT UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA DI SMPN 4 KALIS NANGA DANAU. Skripsi thesis, STKIP Persada Katulistiwa.
![[thumbnail of BIOLOGI_1915051447_tittel.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1915051447_tittel.pdf
Download (744kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1915051447_chapter1.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1915051447_chapter1.pdf
Download (252kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1915051447_chapter2.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1915051447_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (421kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1915051447_chapter3.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1915051447_chapter3.pdf
Download (637kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1915051447_chapter4.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1915051447_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (561kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1915051447_chapter5.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1915051447_chapter5.pdf
Download (220kB)
![[thumbnail of BIOLOGI_1915051447_appendix.pdf]](http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BIOLOGI_1915051447_appendix.pdf
Download (1MB)
Abstract
Alexpius Doni. 2023. Penerapan Metode Student Teams Achievement Division (STAD) Disertai Authentic Assesment Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil
Belajar Kognitif Dalam Pembelajaran Biologi Siswa Di SMPN 4 Kalis Nanga Danau. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa
Sintang. Pembimbing I: Dr. Hilarius Jago Duda, S.Si., M.Pd Pembimbing II: Didin Syafruddin. SP., M.Si Kata Kunci: Partisipasi, Hasil belajar kognitif
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa yang kurang maksimal.
Masalah umum dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan partisipasi dan hasil belajar kognitif dalam pembelajaran biologi siswa di SMPN 4 kalis
nanga danau. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah mengetahui peningkatan partisipasi dan hasil belajar menggunakan metode STAD pada siswa kelas VII
SMPN 4 Kalis. Bentuk penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini
yaitu siswa kelas VII SMPN 4 Kalis yang berjumlah 27 siswa, terdiri dari 13 laki- laki dan 14 perempuan. Hasil penelitian ini diambil dengan menggunakan metode test, wawancara dan angket yang menunjukkan bahwa pelaksanaan pada pembelajaran biologi menggunakan STAD berjalan lancar, hal ini dlihat dari siklus I 80% keaktifan guru dan siswa meningkat pada siklus II menjadi 100%. Meningkatnya jumlah partisipasi dan nilai siswa yaitu pada siklus I nilai keseluruhan siswa yaitu 1927, nilai tertinggi 80, nilai terendah 40 dan nilai rata- rata 64,23. Meningkat pada siklus II dengan jumlah nilai keseluruhan 2436, nilai
tertinggi 100, nilai terendah 47 dan nilai rata-rata 81,20. Siswa yang dinyatakan tuntas pada siklus I sebanyak 13 siswa atau 43,34% sedangkan pada siklus II
siswa yang dinyatakan tuntas sebanyak 83,33% jadi peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 40%. Respon siswa yaitu dengan jawaban ke tiga responden mendapat kategori B kriteria suka dengan nilai 4 atau 80% dari total nilai ideal yang merupakan hasil data jenuh yang dapat diperoleh siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Magang Santai jak |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 01:42 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 01:42 |
URI: | http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1265 |