PERMAINAN CONGKLAK DALAM MENANAMKAN NILAI SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PELITA KASIH SINTANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Diana, Noveka (2024) PERMAINAN CONGKLAK DALAM MENANAMKAN NILAI SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PELITA KASIH SINTANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, STKIP Persada Katulistiwa.

[thumbnail of PG PAUD_200408101_Tittle.pdf] Text
PG PAUD_200408101_Tittle.pdf

Download (560kB)
[thumbnail of PG PAUD_200408101_chapter1.pdf] Text
PG PAUD_200408101_chapter1.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of PG PAUD_200408101_chapter2.pdf] Text
PG PAUD_200408101_chapter2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[thumbnail of PG PAUD_200408101_chapter3.pdf] Text
PG PAUD_200408101_chapter3.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of PG PAUD_200408101_chapter4.pdf] Text
PG PAUD_200408101_chapter4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[thumbnail of PG PAUD_200408101_chapter5.pdf] Text
PG PAUD_200408101_chapter5.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of PG PAUD_200408101_appendix.pdf] Text
PG PAUD_200408101_appendix.pdf

Download (1MB)

Abstract

Diana Noveka, 2024. Permainan congklak dalam menanamkan nilai social emosional anak usia 5-6 tahun di TK Pelita Kasih Sintang Tahun Pelajaranm2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Pembimbing I: Yohanes Berkhmas Mulyadi, S.Fil.,M.Psi Pembimbing II: Suryameng, M.Pd Kata kunci: Permainan congklak dan Nilai sosial emosional Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Penerapan permainan congklak dalam menanamkan nilai sosial emosional anak usia 5-6 tahun. 2) Nilai-nilai sosial emosional dalam permainan congklak. 3) Langkah-langkah bermainm congklak. Subjek penelitian ini berjumlah 13 orang yang terdiri dari 1 guru kelas dan 12 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah interactive model dari Milles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan permainan congklak dalam menanamkan nilai sosial emosional Anak usia 5-6 tahun yaitu: guru mengenalkan media dan alat-alat yang akan digunakan anak-anak untuk bermain congklak, guru menjelaskan aturan dan cara bermain congklak, guru mengawasi dan mendampingi Ketika siswa sedang bermain
congklak dalam hal ini anak-anak mengenal media dan alat-alat untuk bermain congklak kemudian mereka mengerti bagaimana cara bermain congklak serta setiap kali masing-masing anak bermain congklak guru mengawasi dan mendampingi mereka pada saat bermain ini bertujuan untuk mengarahkan jalannya permainan congklak jika diperlukan. 2) Nilai-nilai sosial emosional dalam permainan congklak yaitu: anak dapat berinteraksi dan bersosial dengan guru dan temannya, anak-anak bisa mengenal aturan bermain congklak dan dapattaat terhadap aturan tersebut, anak belajar sabar Ketika menunggu giliran bermain, menanamkan kejujuran saat bermain congklak, menanamkan kepercayaan diri serta adanya nilai Kerjasama Ketika sedang bermain congklak. Nilai social emosional dalam permainan ini dapat tersampaikan dan tertanam pada anak usia 5-6 tahun di TK Pelita Kasih Sintang. Hal ini terlihat Ketika anak-anak sedang bermain congklak 3) Langkah-langkah bermain congklak, anak yang bermain congklak di TK Pelita Kasih Sintang ini menunjukkan bahwa: melalui penelitian ini dapat memperkenalkan permainan Tradisional congklak kepada TK Pelita Kasih Sintang yang awalnya di sekolah tersebut belum pernah ada permainan congklak sehingga Ketika sudah diperkenalkan dan kemudian anak bermain mereka bisa bermain congklak ini walaupun masih ada anak yang perlu arahan Ketika sedang bermain congklak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Magang Santai jak
Date Deposited: 05 Jun 2025 08:53
Last Modified: 05 Jun 2025 08:53
URI: http://repository.persadakhatulistiwa.ac.id/id/eprint/1253

Actions (login required)

View Item
View Item